Di era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dalam dunia usaha menjadi sangat ketat. Pelaku UMKM saling berlomba-lomba dalam bersaing untuk mempertahankan usaha agar tetap kuat di tengah persaingan yang sengit. Salah satu strategi untuk menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang lama serta meningkatkan volume penjualan adalah dengan pemasaran melalui internet.
Oleh karena itu internet sekarang menjadi kebutuhan pokok oleh sebagian besar orang selain kebutuhan pangan, sandang dan papan. Fenomena penggunaan internet yang diperkirakan semakin lama akan meningkat ini tentu menjadi sebuah peluang usaha bisnis baru dengan menambahkan titik lokasi bisnis pada google maps. Strategi ini bertujuan untuk mempermudah pelaku UMKM dijangkau oleh masyarakat secara luas dan agar mudah ditemukan oleh pelanggan baru.
Â
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya memanfaatkan Google Maps dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM secara lebih efektif. Pelatihan dimulai dengan menjelaskan konsep dasar tentang Google Maps dan bagaimana UMKM dapat memanfaatkannya sebagai alat pemasaran. Mahasiswa memberikan informasi tentang cara memasukkan lokasi bisnis UMKM ke dalam Google Maps, mengunggah gambar produk, mengisi deskripsi bisnis, dan mengaktifkan fitur ulasan dan rating.
Dampak positif dari kegiatan pelatihan ini sangat signifikan bagi pelaku UMKM karena dengan adanya informasi yang terjangkau melalui Google Maps, calon konsumen dapat menemukan dan mengevaluasi produk UMKM dengan lebih mudah, sehingga membuka peluang baru untuk peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H