Dalam rangka melaksanakan kewajiban pada salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, maka pada tahun ini Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi yang belum usai.
Kelompok 76 KKN UNSIKA pun turut berkontribusi dalam program pengabdiannya dengan judul program "Pengabdian Pembinaan Desa Warungbambu" yang dilaksanakan di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, dengan didampingi oleh Aji Primajaya,S.Si.,M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.
Bapak Aji mengungkapkan tema pengabdian kelompok yang ia dampingi bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengedukasi para pengrajin furnitur di Desa Warungbambu pada kegiatan pemasaran berbasis digital, agar produk furnitur yang dihasilkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar dan memperluas cakupan pemasaran produk furnitur dari Desa Warungbambu ini.
Berdasarkan tema yang telah diungkapkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, kelompok 76 KKN UNSIKA menggagaskan program kerja dengan mengadakan acara Workshop Digital Marketing yang bertemakan "Sebagai Sarana Perkembangan Bisnis Dengan Meningkatkan Pemasaran Produk Berbasis Digital".Â
Dikarenakan masih adanya pandemi, acara workshop ini hanya dihadiri oleh enam pengrajin furnitur, Koordinator Umum dan Perencanaan Desa Warungbambu, dan beberapa perwakilan mahasiswa serta Dosen Pembimbing Lapangan dari kelompok 76 KKN UNSIKA. Acara workshop ini diadakan pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 di Aula Kantor Desa Warungbambu. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
         Â
Materi pertama yang dipaparkan oleh Ardhan Hafizh, salah satu anggota kelompok KKN Warungbambu adalah mengenai definisi umum digital marketing dan  bagaimana cara membuat akun bisnis pada platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.
Materi kedua yang disampaikan oleh Aji Primajaya,S.Si., M.Kom., selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok KKN Warungbambu adalah tentang bagaimana cara memanfaatkan platform tersebut guna keperluan periklanan produk furnitur yang akan dipasarkan.
Dengan adanya workshop mengenai digital marketing ini diharapkan komunitas pengrajin furnitur di Desa Warungbambu dapat memperkenalkan produknya dengan memanfaatkan sosial media agar bisnis yang dijalankan dapat bertahan di tengah persaingan industi era digital serta dapat berguna bagi perkembangan bisnisnya sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H