Demak, 30 Juli 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) GIAT 9 sukses menggelar pelatihan kewirausahaan dan digital marketing dengan fokus pada pembuatan Batik Ecoprint untuk remaja SMP, SMA, dan SMK di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Acara ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 13 dan 14 Juli 2024 serta diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari remaja SMP, SMA, dan SMK di Desa Ketajung. Acara ini diadakan di Posko KKN UNNES GIAT 9, dengan tujuan untuk memberikan wawasan serta ketrampilan praktis kepada generasi muda dalam bidang kewirausahaan dan digital marketing, supaya mereka dapat mengembangkan bisnis lokal dengan modal yang tidak memberatkan di zaman sekarang. Selain itu, pengenalan teknik pembuatan Batik Ecoprint merupakan suatu metode baru untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan serta melestarikan budaya batik Indonesia dengan bahan yang mudah didapatkan.
“Kami berharap melalui pelatihan ini remaja di Desa Ketanjung khususnya dalam jenjang SMP/SMA/SMK dapat memperoleh pengetahuan dan ketrampilan untuk kepentingan individu ataupun perkembangan Desa Ketanjung. Dimana Batik Ecoprint merupakan Teknik yang ramah lingkungan, memiliki potensi pasar yang besar jika dipadukan dengan ilmu kewirausahaan dan strategi digital marketing yang sesuai.” ujar Koordinator KKN UNNES GIAT 9.
Selama pelatihan, peserta diperkenalkan pada berbagai aspek kewirausahaan, dari konsep dasar hingga manajemen usaha kecil. Pada sesi digital marketing, mereka diajarkan cara menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk, termasuk membuat konten menarik dan strategi pemasaran online. Mahasiswa KKN juga menjelaskan pentingnya optimasi mesin pencari (SEO) dan penggunaan e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Pada hari kedua pelatihan, peserta langsung mempraktikkan pembuatan Batik Ecoprint dengan membawa bahan dan alat seperti daun dan bunga. Sementara itu, mahasiswa KKN UNNES GIAT 9 menyediakan totebag putih polos, plastik, dan palu untuk digunakan dalam proses tersebut.
Salah satu peserta siswi kelas IX yang berasal dari SMK Negeri 3 Kudus, Vany Najla Fairuz menyampaikan kesan pesannya saat mengikuti pelatihan yang diadakan ini dengan respon yang positif “Pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru tentang kewirausahaan, strategi pemasaran melalui digital marketing serta implementasi dalam pembuatan Batik Ecoprint kepada kami yang sebelumnya masih asing dalam mengenal istilah tersebut, kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kakak-kakak KKN UNNES GIAT 9 atas ilmu baru yang telah disampaikan.” ujarnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H