Promosi adalah hal yang krusial dalam pengembangan seluruh produk, salah satunya adalah tempat wisata. Tempat wisata membutuhkan pengembangan promosi agar dapat menjangkau banyak pengunjung dan mendapat lebih banyak popularitas disana. Promosi yang dilakukan oleh tempat wisata yang paling menjanjikan saat ini adalah promosi digital.
Promosi digital merupakan strategi mempromosikan suatu produk termasuk wisata desa di internet agar dapat lebih menggait calon konsumen. Promosi jenis ini dirasa efektif berhubung banyaknya pengguna sosial media dan mayoritas masyarakat menghabiskan waktu di depan gadget. Promosi ini menjangkau seluruh sosial media, termasuk instagram, TikTok, dan YouTube.
Selo Aji sebagai sasaran program kerja kami memiliki masalah dalam pemasaran, terutama dalam bidang promosi. Minimalitas proporsi pengujung di wisata Selo Aji terutama di hari kerja dan Agustus kurang dari 150 pengunjung menjadikan kami tertarik untuk melakukan program promosi yang harapannya dapat meningkatkan minat pengunjung.
Dari fenomena ini, kami mulai berkoordinasi dengan Direktur BUMDes dan Pokdarwis Selo Aji. Kebutuhan yang relevan yakni terkait upaya peningkatan promosi digital di sosial media. "Sebenarnya sosial media kami cukup aktif namun algoritmanya tidak dapat diprediksi", kata Alit (Ketua Pokdarwis). Beliau juga menambahkan lebih sering meninjau respon pengunjung melalui saran kritik yang ada di Google Maps karena dirasa lebih akurat.
Tim KKN 313 Universitas Jember membantu upaya promosi digital melalui pembuatan beberapa konten dalam mengenalkan Selo Aji dengan sasaran utama warga Banyuwangi. Langkah pertama, konten yang sudah melalui proses editing dan evaluasi di up ke akun Instagram @selo_ajiwaterpark tepat pada 2 Agustus 2024 (https://www.instagram.com/reel/C-KxOEfyUIG/?igsh=MThkZmtyZ2trb3F1ZQ==). Respon positif didapat dari unggahan konten tersebut. Terdapat 2.613 view, 31 like, 2 komentar, dan 16 orang yang membagikan per 11 Agustus 2024. Respon dinilai positif karena viewers, like, dan kolom komentar dari konten tersebut lebih banyak dari postingan yang lain.
Kami juga bekerja sama dengan akun besar Instagram Banyuwangi guna memperkenalkan Selo Aji lebih luas, yakni melalui @genteng24jam (https://www.instagram.com/reel/C-tjD9kSDIc/?igsh=MWl3aGRjYTFlaXQzcA==) tepat pada 16 Agustus 2024. Banyak respon bermunculan dengan view sejumlah 33,2ribu, 1.407 like, 46 komentar, dan 257 penonton membagikan unggahan. Hal ini menjadikan kami optimis Selo Aji dapat dikenal sekaligus sebagai bahan evaluasi perbaikan fasilitas ataupun aspek lain yang ada dalam pengembangan desa wisata. Salah satu komentar positif muncul, yakni keinginan mereka untuk datang ke Wisata Selo Aji dan menikmati suasananya yang sejuk.
Tak hanya itu, tim KKN 313 Universitas Jember juga membantu menyebarkan postingan ke akun instagram masing-masing agar postingan tersebut tersebar luas. Tindakan tersebut membantu wisata Selo Aji Waterpark lebih dikenal publik, untuk yang tidak mengetahui wisata ini, kedepannya menjadi mengetahui wisata ini.
Tim Pemasaran dan Promosi yang dibentuk oleh KKN 313 Universitas Jember pun rutin membuat konten dalam sekali seminggu. Kami berniat untuk membuat stok konten untuk akun instagram Selo Aji Waterpark agar konten lebih mengikuti tren terkini dan menarik karena sasaran pengunjungnya lebih ke anak-anak, remaja, dan keluarga.
Follow our social media for more information:
Instagram : @kkn313_kaligondounej
Tiktok : @kkn313_kaligondounej