Mohon tunggu...
Oryza Sativa Marzuki
Oryza Sativa Marzuki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Jember

Menulis, Kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN UMD 2022: WhatsApp Auto Respon, Jawaban Cepat Tanggap dari Desa Sumber Pandan

5 September 2022   23:15 Diperbarui: 5 September 2022   23:16 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KKN UMD 2022: WhatsApp Auto Respon, Jawaban Cepat Tanggap dari Desa Sumber Pandan

Bondowoso -- Penggunaan Teknologi Informasi (IT) di desa sangat penting bagi desa agar penyampaian informasi antara desa dan masyarakat lebih cepat dan tepat. Oleh karena itu, kelompok KKN 274 UNEJ melanjutkan program mengenai IT dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan praktek langsung mengenai WhatsApp auto respon.

WhatsApp auto respon adalah aplikasi WhatsApp yang telah menggunakan sebuah bot dalam melakukan kegiatannya. Ketika ada seseorang yang melakukan chatting ke nomor WhatsApp tersebut, maka bot yang akan membalas pesan tersebut. Pengguna manusia hanya tinggal diam dan dapat membalas pesan jika diperlukan.

Sosialisasi dan praktek dilakukan beberapa kali agar pengguna dapat lebih paham bagaimana cara menggunakan aplikasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2022. Sosialisasi dan praktek difokuskan pada perangkat desa, khususnya Pak Imam yang bertanggung jawab dalam mengurus IT di desa. Pembicara untuk sosialisasi dan praktek dilakukan oleh dua mahasiswa KKN 274 UNEJ, Mohammad Rafli Ramadhani dan Aula Fajrun Khalilurahman.

KKN UMD 2022: WhatsApp Auto Respon, Jawaban Cepat Tanggap dari Desa Sumber Pandan
KKN UMD 2022: WhatsApp Auto Respon, Jawaban Cepat Tanggap dari Desa Sumber Pandan

Aplikasi yang dibutuhkan adalah WhatsApp Business. Untuk bot nya sendiri, kelompok KKN 274 UNEJ menggunakan aplikasi bernama WhatsAuto. Aplikasi WhatsAuto memiliki versi gratis dengan fitur yang cukup lengkap.

Contoh penggunaan WhatsAuto (Sumber: PDD KKN 274)
Contoh penggunaan WhatsAuto (Sumber: PDD KKN 274)

"Jadi kami menggunakan aplikasi WhatsAuto agar kita tidak perlu membayar untuk membuat bot, tapi dengan biaya gratis pun kita sudah mendapatkan fitur yang lumayan lengkap untuk digunakan dalam kehidupan desa", ujar Rafli.

Pak Imam cukup puas dengan adanya pengetahuan serta aplikasi baru yang dapat digunakan secara gratis. "Ya semoga nanti aplikasi dari temen-temen ini bisa lebih digunakan oleh desa juga, karena dari fiturnya sangat membantu warga untuk dapetin informasi administrasi", ujar Pak Imam.

https://unej.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun