Boyolali (31/01/2024) - Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia dan sebanyak 3,79 juta UMKM sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Pertumbuhan perdagangan elektronik di Indonesia yang semakin meningkat, mencapai angka 78 persen, menunjukkan nilai yang baik untuk ekonomi Indonesia sehingga harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, khususnya para pelaku UMKM.
Namun, masih terdapat rintangan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, salah satunya UMKM Rogo Rigi di Dusun Banyuurip. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, salah satu rintangan yang dihadapi oleh UMKM Rogo Rigi adalah pemasaran yang terbatas di lingkungan sekitar dan penjualan melalui pengepul. Hal ini menyebabkan terhambatnya produksi karena UMKM harus menunggu seluruh produknya terjual oleh pengepul. Selain itu, frekuensi produksi hanya sering dilakukan saat musim kemarau. Para pelaku UMKM Rogo Rigi tidak menggunakan media pemasaran lain, termasuk penggunaan E-Commerce. Memahami permasalahan ini, Meidian Dwiyanti, Mahasiswa KKN S1 Akuntansi Universitas Diponegoro, mengajak para pelaku UMKM Rogo Rigi untuk mulai menggunakan Shopee, salah satu marketplace tertinggi di Indonesia, untuk memperluas pemasaran produk rogo rigi dukuh banyuurip. Meidian melihat peluang yang baik untuk UMKM Rogo Rigi, dengan maraknya transaksi jual beli online yang semakin meningkat.Â
Ajakan tersebut dilaksanakan melalui program edukasi yang bertajuk "Edukasi Pemanfaatan E-Commerce  sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Rogo Rigi Dukuh Banyuurip" yang dilaksanakan di kediaman Pak Tugiyo, salah satu Kepala RT di Dusun Banyuurip, dan dihadiri oleh 15 warga Dukuh Banyuurip, pada tanggal 31 Januari 2024. Program edukasi diawali dengan pemaparan materi manfaat penggunaan e-commerce untuk menunjang pemasaran produk UMKM dan penjelasan tata cara penggunaan Shopee bagi penjual pemula. Kegiatan selanjutnya adalah menonton video mengenai penggunaan Shopee bagi penjual pemula untuk menambah pemahaman warga dan diakhiri dengan sesi sharing dan tanya jawab seputar Shopee dan UMKM Rogo Rigi.  Terakhir, warga diberikan leaflet mengenai Penggunaan Shopee bagi Penjual Pemula sehingga warga dapat membaca materi edukasi  yang telah disosialiasikan di rumah.
Kegiatan ini berjalan dengan lancar karena antusias para warga yang mulai tertarik memanfaatkan e-commerce setelah memahami manfaat apa saja yang diperoleh. Program edukasi ini diharapkan menjadi awal mula bagi para pelaku UMKM Rogo Rigi Dukuh Banyuurip untuk memanfaatkan Shopee sebagai salah satu media pemasaran sehingga UMKM Rogo Rigi tetap berproduksi dan mampu meningkatkan penjualan.
Penulis: Meidian Dwiyanti | S1 - Akuntansi | Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro 2020
Dosen Pembimbing Lapangan: Mohammad Nurul Huda, S. AP., MPA.; Dr. dra Niken Fatimah Nurhayati., M.Pd
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H