Desa Karangan merupakan salah satu desa di Kecamatan Badegan yang memiliki potensi di bidang ekonomi sehingga mampu memajukan perekonomian di Kecamatan Badegan. Hal ini dapat dilihat melalui beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dapat menunjang perekonomian masyarakat, diantaranya Budidaya Cacing Lumbricus di Dukuh Poh Sawit, Pembuatan Tas Anyaman di Dukuh Tunggur, Pembuatan Batu Bata di Dukuh Jaten, Mebel Furniture di Dukuh Tunggur, dan salah satu daya tarik utama adalah Usaha Pembuatan Pupuk Kelinci dan Peternakan Kelinci.Usaha Pembuatan Pupuk dan Peternakan Kelinci yang dapat dikembangkan menjadi tempat pariwisata di Dukuh Dilem, Desa Karangan, Kecamatan Badegan yang letaknya strategis dekat dengan Bukit Badut yang juga terletak di Dukuh Dilem Desa Karangan.Â
Berdasarkan potensi tersebut Tim Proker Sosialisasi Pemasaran Online KKN Universitas Negeri Malang Tahun 2021 Desa Karangan yang dibimbing oleh Bapak Slamet Fauzan, S.Pd., M.Pd dan beranggotakan 2 Mahasiswi yaitu Nur Safira Surya dengan Aprilia Dyah Wulandari yang sedang menempuh Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis bermaksud untuk memberikan sosialisasi kepada para pelaku UMKM dengan memanfaatkan marketplace yang ada yaitu melalui Shopee dan Whatsapp Business dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, memberikan pengetahuan mengenai marketplace sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku UMKM serta mengembangkan beberapa produk yang dimiliki oleh masyarakat di Desa Karangan.Â
Sosialisasi Pemasaran Online ini terdiri dari 2 marketplace yang akan diberikan kepada masyarakat Desa Karangan yaitu Shopee dan Whatsapp Business. Shopee sendiri merupakan salah satu tempat jual beli yang sekarang telah banyak konsumen dan produsen. Aplikasi ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan harga yang rendah hingga harga yang tinggi, tentunya mencakup wilayah yang sangat luas. Untuk Whatsapp Business hampir sama dengan Shopee hanya jangkauan wilayah dan konsumennya lebih sedikit karena produsen disini hanya dapat membuat katalog mengenai produk yang dimilikinya sehingga pemasaran ini akan jauh lebih mudah. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2021 hingga tanggal 14 Juli 2021 sehingga dengan adanya sosialisasi pemasaran online dapat membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.
Selain itu, besar harapan kami dengan adanya Sosialisasi Pemasaran Online mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta lebih mengenal marketplace secara luas sehingga dapat menunjang kesejahteraan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat mengenal teknologi digital supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal yang mana mampu memajukan Desa Karangan melalui perkembangan UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H