Situbondo - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unej Membangun Desa (KKN UMD) kelompok 122 luncurkan Call Center Trebungan di Balai Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo. Peluncuran Call Center Trebungan ini sebagai bentuk digitalisasi pelayanan publik di desa dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam proses pelayanan yang dibutuhkan. Masyarakat desa yang membutuhkan pelayanan seperti, Surat Keterangan, Surat Nikah, dan sebagainya dapat menghubungi nomor yang tertera di poster.
Adapun petunjuk layanan Call Center Trebungan meliputi, buka aplikasi Google Lens atau aplikasi penunjang lainnya, scan barcode yang tersedia di poster, kemudian klik link yang muncul ketika melakukan scan, dan masyarakat dapat menyampaikan kebutuhan pelayanan.
Staf pelayanan sekaligus penanggungjawab Call Center Trebungan, Mustajib mengatakan bahwa Call Center ini hadir atas inisiasi Mahasiswa KKN bekerja sama dengan perangkat desa. Call Center tersebut diharapkan bisa menampung pertanyaan dan kebutuhan layanan masyarakat. “Harapannya masyarakat bisa terbantu untuk mengurus dokumen tanpa perlu jauh-jauh datang ke balai desa sehingga lebih praktis dan kebutuhan cepat terselesaikan dengan baik,” ujarnya.
Dengan adanya Call Center Balai Desa Trebungan tentunya memudahkan masyarakat Desa Trebungan dalam mengakses informasi mengenai pelayanan, menyelesaikan masalah dengan lebih cepat, pelayanan desa yang lebih baik, dan mendorong partisipasi masyarakat untuk lebih aktif dalam pembangunan desa.
Penulis : Rizky Maulidya & Fatimatuz Zahro
Editor : Febri Wulan K.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI