Seminar Digital Marketing sebagai upaya peningkatan potensi UMKM Desa Katimoho dari Tim KKN-T Unesa Gresik 5. Telah dilaksanakan pada (31/10/2022) bertempat di Balai Desa Katimoho, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Pelaksanaan seminar ini adalah wujud salah satu Urgensi dari sebuah permasalahan para pelaku UMKM di Desa Katimoho yang menjurus pada 3 point besar Branding (Label/Logo Produk), Packaging (Pengemasan), serta Marketing (Pemasaran). Berasarkan hasil  observasi dari Mahasiswa KKN-T  UNESA mendapatkan hasil bahwa usaha jamu dan jajanan mendominasi segmen pasar Desa Katimoho. Dari segi SDA, Desa Katimoho terbilang cukup untuk memenuhi bahan baku para pelaku usaha jamu dan jajanan, akan tetapi akar permasalahan UMKM terdapat pada SDM yang kurang memaksimalkan manfaat teknologi pada era industri 4.0. Oleh karenanya Mahasiswa KKN-T UNESA mengadakan Seminar Digital Marketing guna membuka wawasan para pelaku UMKM di zaman modern saat ini. Agar tercapainya titik sukses dari acara yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-T UNESA, mereka melakukan observasi lapangan dengan metode wawancara kepada setiap pelaku UMKM yang ada di Desa Katimoho.
Potensi UMKM Desa Katimoho cukup tinggi. Hampir sebagian besar masyarakat Desa Katimoho ialah pelaku UMKM. Namun, sayangnya kurangnya pengetahuan mereka terkait maksimalisasi marketing secara efektif membuat usaha mereka kurang menunjukkan hasil yang signifikan. Â Dalam wawancara singkat dengan para pelaku UMKM, masalah mereka hampir sama yakni tidak beraninya mereka untuk meluaskan pasar dan kurang memahami cara membangun branding yang tepat. padahal masalah tersebut sangat krusial untuk menunjang kinerja UMKM yang optimal.
Pada acara Seminar Digital Marketing yang dilaksanakan tanggal 31 Oktober 2022 Mahasiswa KKN-T UNESA berkolaborasi dengan PT. Yamazaki My Roti dan PT. Bian Agro Nusantara sebagai pemateri yang dianggap berkompeten tinggi dan berpengalaman, sesuai dengan tema diangkat yaitu Peningkatan Efektivitas Packaging, Marketing dan Desain Logo dalam Optimalisasi Produk UMKM.
 Keefektifan sosialisasi digital marketing ini cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pengetahuan dari hasil kuisioner yakni pre-test  dan post test yang menunjukkan hasil bahwa adanya 80% peserta sosialisasi mampu memahami konsep marketing dengan baik. Dalam output lanjutan Tim melakukan pendesainan mengenai packaging dan logo yang menarik dan sesuai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H