Mohon tunggu...
Tim Pucung
Tim Pucung Mohon Tunggu... Mahasiswa - Desa Pucung, Kecamatan Eromoko

KKN Tim 1 Universitas Diponegoro 2022/2023

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNDIP Naikkan Omzet UMKM Desa Pucung yang Tergabung dalam Kelompok Wanita Tani Giri Asri dengan Memberikan Pendampingan Pemasaran Berbasis Digital Marketing

10 Februari 2023   21:19 Diperbarui: 10 Februari 2023   21:23 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pucung (22/01/2023) - Dunia bisnis yang semakin berkembang, memberikan tantangan baru bagi para pelaku usaha untuk dapat terus mempertahankan keberlanjutan bisnisnya. Era yang berkembang mendorong para pelaku bisnis untuk selalu mengikuti tren digital. Salah satunya dalam bentuk digital marketing. Digital marketing sendiri berarti mempromosikan suatu brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Salah satu tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif melalui media digital yang ada. 

Desa Pucung merupakan wilayah pertanian yang memiliki beberapa UMKM. Namun, kurangnya pemasaran dari pemilik UMKM menyebabkan tidak terjangkaunya konsumen sehingga usaha tersebut hanya dikenal oleh lingkungan sekitar. Perlu diketahui, UMKM sendiri berperan penting dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh Kepala Desa Pucung, Pak Ashari, yang mengatakan "Sebenarnya kalo UMKM di Desa Pucung sendiri cukup aktif. Namun, dalam hal pemasaran masih belum berinovasi, soalnya disini kemasan produk mereka belum layak dipasarkan ke luar Desa Pucung, sehingga mereka hanya bisa menjual produknya di warung terdekat" pada Selasa (03/01/2023).

Kemasan Produk KWT Giri Asri Setelah Dilakukan Pendampingan (dokpri)
Kemasan Produk KWT Giri Asri Setelah Dilakukan Pendampingan (dokpri)

Digital marketing saat ini banyak diminati oleh masyarakat dan merupakan salah satu media yang mendukung operasional sehari-hari, banyak orang perlahan beralih dari metode pemasaran tradisional ke pemasaran digital. Melalui pendampingan digital marketing, mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi tentang cara menggunakan media sosial dan aplikasi e-commerce untuk mempromosikan produk olahan UMKM Desa Pucung yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Giri Asri. Selain itu, mahasiswa juga membantu KWT Giri Asri dalam mengelola media sosial, konten promosi, serta pembuatan label kemasan yang mampu memberikan nilai tambah agar konsumen tertarik melakukan pembelian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun