Kelompok KKN-Tematik Inovasi IPB University di Desa Bodas, Kabupaten Pekalongan yang dibimbing oleh Prof. Miftahudin telah sukses menyelenggarakan pembelajaran game based learning ular tangga untuk kelas 3 dan 4, pembelajaran materi bahasa Inggris dasar untuk kelas 5 dan 6, serta edukasi pertanian dengan penanaman bibit bersama siswa SDN Bodas. Kegiatan penyuluhan ini telah dilaksanakan pada 19-24 juli 2023, kegiatan tersebut diisi dengan pre test sebelum melakukan game based learning pada tanggal 21 juli 2023 tujuannya agar meningkatkan pemahaman siswa sebelum bermain ular tangga. Sasaran peserta pada pembelajaran ini adalah siswa-siswi SDN Bodas, khususnya kelas 3 dan 4. Pembelajaran ini merupakan rangkaian kegiatan dari program kerja KKN-T Inovasi IPB untuk meningkatkan literasi, minat dan motivasi belajar pada siswa serta menyetarakan pendidikan antar siswa-siswi di SDN Bodas. Tim KKN-T Inovasi IPB terdiri dari 10 mahasiswa dari 6 fakultas berbeda, yaitu Zulfa Fajar Dian Chindana (Fakultas Pertanian), Aimar Mohammad Butragueno (Fakultas Pertanian), Ar Rumaisha Zahra (Fakultas Pertanian), Najwa Az Zahra (Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis), Ria Risyanti (Fakultas Kehutanan dan Lingkungan), Hanifa Qurrotu Aini (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Aqilah Fitri Chania (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Riana Ayu Noviana (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Saniya Armi Marbun (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), dan Rafdy Rayhan Maulana (Sekolah Bisnis).Â
     Pembelajaran game based learning ini diikuti oleh kelas 3 dan 4 SDN Bodas dengan begitu antusias dan semangat. Output yang menjadi tujuan kami selaku Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB telah tercapai, siswa kelas 3 dan 4 dinilai lebih mudah dalam memahami membaca, berhitung, dan menulis. Selain itu, siswa menjadi gembira karena program game based learning ini bisa membuat siswa bermain sambil belajar bersama-sama. Antusiasme terlihat ketika para siswa bermain dan menjawab pertanyaan dan siswa mulai tertarik membaca, menulis, dan berhitung. Berdasarkan indikator keberhasilan projek, diketahui bahwa projek ular tangga pintar ini telah mencapai target, yaitu lebih dari 70% siswa mampu meningkatkan kemampuannya dalam membaca, menulis, dan berhitung.Â
     Selain pembelajaran game based learning ular tangga, kami juga mengajar bahasa inggris untuk kelas 5 dan 6. Latar belakang kami memberikan pembelajaran bahasa inggris yaitu tidak adanya pembelajaran bahasa inggris di kurikulum saat ini dan tingginya minat siswa untuk belajar bahasa inggris. Capaian yang didapat yaitu siswa kelas 5 dan 6 mampu mengenal dan menggunakan bahasa inggris dasar dalam kehidupan sehari-hari seperti greetings, family, noun, verb, dan things in school. Program terakhir di bidang pendidikan yaitu edukasi pertanian dengan penanaman bibit. Sasaran program ini untuk kelas 5 dan 6. Siswa berantusias membawa bibit dari rumah masing-masing dan menanam tersebut secara bersama-sama di lapangan sekolah. Siswa dapat memahami cara penanaman bibit dengan baik serta memberikan edukasi pentingnya pertanian dalam kehidupan.Â
     Kegiatan ini yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN-T IPB disambut dengan baik oleh pihak sekolah dasar Negeri Bodas. "Kegiatan pembelajaran game based learning seperti ini pertama kali diadakan di Desa Bodas. Saya dan para guru berterimakasih kepada mahasiswa KKN-T Inovasi IPB yang telah memberikan pengajaran pada siswa siswi SDN Bodas. Mengingat adanya kesenjangan pembelajaran antara di desa dan kota hal ini menjadikan siswa siswi SDN Bodas mendapat pembelajaran di kelas yang tidak merata" ujar Pak Rasdi, Kepala Sekolah SDN Bodas. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan meningkatkan semangat belajar siswa SDN Bodas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H