Desa Benua Anyar, Kec. Bekumpai, Kalimantan Selatan (24/08/2022) -- Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang ditujukan kepada anak usia 0-6 tahun sedangkan menurut NAEYC anak usia dini adalah anak yang berusia 0-8 tahun yang mendapatkan layanan Pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar kelas awal. Masa ini adalah masa emas atau yang biasa disebut dengan masa golden age dimana pada masa ini kemampuan otak anak dalam berpikir berkembang pesat hingga mencapai 80%.
Dalam mengembangkan aspek kemampuan nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik maupuan seni pada anak usia dini diperlukan media pembelajaran yang beragam dan bervariasi agar stimulasi yang diberikan kepada anak membuahkan hasil yang maksimal.
Maka dari itu kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat beranggotakan 11 orang yaitu, Anggia Murni, Cyntia Sielva Az-zahra, Helma Amanda, Istiqamah, Muhammad Hadi, Muhammad Hafizh Anshari, Raisya Putratama, Rohana, Suci Prasetya Ningsih, Try Andy Nugroho dibawah bimbingan bapak Roly Marwan Mathuridy, Ns., M.kep melakukan pengabdian kepada masyarakat di SDN Banua Anyar.
Kegiatan dimulai dengan senyum, salam dan sapa. Anak menjawab salam yang diucapkan lalu anak berdo'a sebelum memulai kegiatan. Anak menyebutkan hari dan tanggal dan menyebutkan kegiatan yang sudah dilakukan kemarin. Anak menyimak tema dan subtema, sub-sub tema, tujuan dan kegiatan pembelajaran kemudian bersama kami melakukan gerak dan lagu "Ikan berenang" Â Kegiatan inti dimulai dengan anak mengamati tayangan video tentang ikan (literasi digital) kemudian tanya jawab tentang ikan, dari video yang sudah diamati anak.Â
Kegiatan selanjutnya anak menyimak materi tentang 'ikan" melalui bahan tayang power point. Kami mengajak anak bermain APE JESIKA, Â kami mengajak anak membaca Basmalah sebelum memulai, lalu guru memulai memperkenalkan nama APE JESIKA dan mengapa dinamakan APE JESIKA.Bentuk Kegiatannya Kami Menceritakan terlebih dahulu bagian-bagian dari APE JESIKA dan bagaimana memainkannya.Â
Memancing respon anak dengan tanya jawab mengenai jenis-jenis ikan yang ada pada APE JESIKA, warna yang terdapat pada persegi, berhitung bersama, membaca tulisan dan meminta tolong pada anak untuk membantunya menghubungkan tali sesuai jumlah ikan. Mengajak anak mengerjakan secara besama-sama dan saling tolong menolong, kemudian memberi kesempatan anak satu-persatu memainkannya sementara anak yang lain dengan sabar menunggu gilirannya.Â
Setelah seluruh anak mendapat giliran, Saya mengucapkan  terimakasih kepada anak, karena sudah membantu menghubungkan tali sesuai jumlah ikannya. Kegiatan penutup dilakukan dengan tanya jawab tentang ikan, menanyakan perasaannya selama hari ini dan berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya, mainan apa yang paling disukai, kemudian anak menyimak pesan tentang cara merawat ikan, cara menjaga kesehatan diri dengan makan makanan yang mengandung protein seperti ikan dan bersyukur kepada Allah karena sudah menciptakan ikan untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia, lalu anak berdoa setelah belajar serta menjawab salam.
Tujuan Kegiatan
1.Meningkatkan aspek nilai moral dan agama dengan anak membaca basmalah diawal permainan dan mengucapkan syukur di akhir permainan
2.Fisik motorik : anak menghubungkan tali-tali sesuai perintah
3.Kognitif : pengenalan bentuk geometri persegi, mengenal angka dan berhitung
4.Sosial emosional : anak bersabar menunggu giliran, mau bekerja sama, meminta tolong dan mengucapkan terimakasih
5.Bahasa : anak menirukan bunyi huruf dan membaca tulisan
6.Seni : anak mengenal warna
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H