Dalam kegiatan usaha selain strategi pemasaran juga diperlukan inovasi dalam produk yang di hasilkan. Inovasi sendiri merupakan ide terbaru yang memberikan nilai tambah dan berdampak positif bagi suatu produk. Oleh karena itu, inovasi produk ini biasanya terkait dengan teknologi juga. Secara umum, inovasi produk adalah  cara untuk menciptakan produk baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Memungkinkan pembeli  untuk membeli dengan berbagai pilihan.
Perkembangan dan inovasi terhadap produk olahan tempe menjadi "cookie tempe" dengan nilai jual yang tinggi dengan bahan baku yang mudah dan murah didapatkan. Hal ini menjadi salah satu alasan kami memilih tempe menjadi produk yang dikembangkan dengan inovasi yang modern. Cookies merupakan kue yang biasanya terbuat dari bahan dasar tepung yang umumnya dibuat dari tepung terigu, gula halus, telur ayam, vanilli, margarine, tepung maizena, baking powder, oat dan susu bubuk instant. Tekstur cookies mempunyai tekstur yang renyah dan tidak mudah hancur seperti dengan kue-kue kering pada umumnya.
"Ini bisa jadi rekomendasi buat nanti lebaran mbak, enak ternyata tempe di olah jadi kue." Kata Ibu Nur salah satu anggota ibu-ibu PKK. Kegiatan yang kami lakukan ini memang diharapkan menjadi ide untuk memulai usaha atau sekedar menambah ide untuk ibu-ibu PKK Desa Sumberejo.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H