Rabu, 01 Januari 2025
Pemasaran merupakan aspek kritis bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mencapai pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. UMKM Ringinagung memiliki produk lokal seperti kerajinan tangan dari bambu dan makanan khas dari kulit sapi. Salah satu masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu masalah pemasaran yang perlu untuk ditingkatkan. Pelaku UMKM juga menekankan bahwa keterbatasan dalam penggunaan teknologi sering ditemukan dalam pemasaran secara digital. Oleh karena itu Mahasiswa berinisiatif mencapai kenerhasilan bisnis dengan beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan yaitu dengan membangun identitas merek yang kuat Salah satunya dengan pembuatan logo, banner, dan pamflet bagi pelaku UMKM desa Ringinagung.
Tidak hanya sampai disitu mahasiswa KKN-T Kelompok 02 Unipma juga mengelola instagram milik desa sebagai jalan digital marketing UMKM dan memasukkan ke forum facebook agar dikenal oleh banyak kalangan. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut disebut dengan rebranding, yang diawali dengan pendataan UMKM yang ada di desa Ringinagung kemudian memfilter UMKM yang perlu akan pendampingan setelahnya mahasiswa membuatkan logo, banner dan pamflet bagi UMKM dan kemudian diserahkan kepada pelaku UMKM setelahnya ditempelkan pada sekitar area Candirejo dan sekitar aloon-aloon Magetan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI