Mohon tunggu...
KKNT 17 Semaji Kemasan UMSIDA
KKNT 17 Semaji Kemasan UMSIDA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - KKN Terpadu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Desa Semaji Kemasan 2024

Kelompok 17 KKN-T 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang berlokasi di Desa Semaji Kemasan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Jaringan UMKM, KKNT Umsida Adakan Sosialisasi Pemasaran Media Sosial

3 Agustus 2024   16:00 Diperbarui: 3 Agustus 2024   16:06 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu, (28/07/2024) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Universitas Muhammadiyah  kelompok 17 melaksanakan program kerja dalam rangka sosialisasi umkm yang diramaikan oleh ibu-ibu Aisyiyah di Desa Semaji Kemasan. Kegiatan yang bertajuk “Strategi Pemasaran Media Social yang Efektif” ini dilaksanakan di Mushola Ali-Imron dengan tujuan memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada ibu-ibu Aisyiyah dalam strategi pemasaran serta pendampingan pembuatan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kemasan, Kecamatan Krian. Tak hanya memberikan sosialisasi, KKN-T Kelompok 17 menyajikan proses pembuatan makanan salad buah dan minuman mejiku jelly secara langsung. Dengan semangat dan antusias, ibu-ibu ikut berpartisipasi membuat salad buah dan es mejiku jelly bersama-sama dengan mahasiswa KKN-T Umsida.

Setelah sesi praktek pembuatan produk, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendampingan strategi pemasaran melalui media sosial. Dua peserta KKN-T Widya Kusuma Dewi dan Hananta (Manajemen) diajukan sebagai pengisi materi yang meliputi cara membuat konten menarik, penggunaan platform media sosial yang efektif, dan strategi pemasaran digital lainnya. Ibu-ibu Aisyiyah diajak untuk turut serta dalam mempraktekkan pembuatan konten pemasaran produk yang telah dibuat, sehingga mereka dapat melihat langsung hasil dari pembelajaran tersebut.

Menurut salah satu peserta, selaku anggota pimpinan Ranting Aisyiyah dari majelis HAM dan Hukum, “Acara kegiatan ini sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kebetulan ranting Aisyiyah membutuhkan pemasaran secara digital. Dengan adanya sosialisasi pemasaran ini menambah wawasan, yang biasanya dijual hanya pada kalangan anggota ranting saja, InsyaaAllah bisa berkembang untuk bisa dipasarkan di luar sehingga bisa bersaing dengan lingkungan dan pasar yang lagi booming. Sasarannya sudah tepat, diharapkan ke depannya dapat dimajukan lagi," ujar Ibu Ida Wahyuni.

Salad buah adalah salah satu makanan kekinian yang sedang digandrungi dan diminati oleh semua umur karena bahan nya yang dari buah dan dianggap menyehatkan. Berbagai macam respon positif muncul dari kegiatan ini karena mudahnya cara pembuatan salad buah dan es mejiku jelly yang telah diinovasi. Ibu-ibu Aisyiyah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa depan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai bidang. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat membantu masyarakat untuk lebih mandiri dan kreatif dalam memanfaatkan peluang ekonomi yang ada di sekitar mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun