UMKM saat ini telah berkembang pesat dalam perekonomian masyarakat. Pemasaran melalui media massa maupun secara offline dilakukan demi menghabiskan stok yang dimiliki oleh penjual. Namun, saat ini masyarakat lebih cenderung memiliki rasa ketertarikan yang tinggi terhadap suatu produk UMKM yang memiliki ciri khas maupun daya tarik yang tinggi, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan packaging serta label yang menarik.
Selasa, 17 Mei 2022, mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur melakukan pendampingan kepada UMKM Keripik Sinkong dalam pengembangan UMKM yang dimilikinya yaitu re-branding label. Label dalam suatu kemasan tentunya memiliki fungsi yang penting guna memperluas pemasaran produk. Produk akan terlihat menarik serta informatif bagi konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan. Sebelumnya, tokoh UMKM keripik singkong yang sering dipanggil bu Heni ini sudah memiliki label yang baik dengan desain yang menarik, namun desain yang digunakan terlalu ramai sehingga kurang informatif. Selain itu, bahan yang digunakan dalam pembuatan label (sticker) mudah sobek jika terkena air sehingga perlu dilakukanya re-label untuk mengatasi masalah tersebut.
bu Heni selaku tokoh UMKM keripik singkong sangat antusias menanggapi pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPN. Mahasiswa KKN UPN tak hanya membuatkan desain baru untuk label keripik singkong bu Heni, mereka juga mengajarkan bu Heni untuk membuat desain label sendiri. Hal ini ditujukan kedepannya bu Heni dapat mengembangkan UMKM yang dimilikinya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Penulis       : Panji Bagus Ramadhan
PIC Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Eka Restu Justitian, S. Kom.
DPL Â Â Â Â Â Â Â Â : Kusuma Wardhani Mas'udah, S. Si., M. Si.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H