Mohon tunggu...
KKN UNESA SURABAYA 22
KKN UNESA SURABAYA 22 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UNESA SURABAYA 22

Nama Anggota 1. Elfa Selviana/P. Kimia/19030194055

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kenalkan E-Peken, Mahasiswa KKN-T UNESA Menggandeng Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya pada Kegiatan Sosialisasi

8 Mei 2022   20:40 Diperbarui: 10 Juni 2022   19:07 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

(23/04/2022) Dalam rangka mengembangkan potensi UMKM wilayah Kelurahan Sawahan, Mahasiswa KKN-T UNESA Kelompok Surabaya 22 mengadakan kegiatan sosialisasi Strategi Marketing di Era Digital. 

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan minat dan motivasi pemilik UMKM untuk lebih berani dalam meningkatkan kualitas pemasaran menggunakan sistem digital. 

Mahasiswa KKN-T UNESA Kelompok Surabaya 22 mendatangkan pemateri khusus dari Dinas Koperasi dan Perdagangan (DinKopDag) Kota Surabaya, dimana fokus materi yang disampaikan oleh Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya adalah mengenai Platform E-Peken. E-Peken merupakan aplikasi berbasis mobile yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya dengan konsumen.

Selain itu terdapat pemaparan materi oleh pemateri dari perwakilan anggota KKN-T UNESA Kelompok Surabaya 22 mengenai WhatsApp Business, kemudian dilanjutkan materi mengenai Google My Business. 

Setelah sesi materi oleh perwakilan anggota KKN-T UNESA Kelompok Surabaya 22, kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi mengenai Platform E-Peken yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya. 

Output dari kegiatan ini adalah pembuatan Google my business bagi pelaku UMKM wilayah RW 2 yang mengikuti kegiatan sosialisasi. Harapan kedepannya adalah berkembangnya target pasar dari pelaku usaha wilayah Kelurahan Sawahan terutama dalam pemasaran berbasis digital.

Berdasarkan hasil respon peserta, secara umum dapat disimpukan bahwa kegiatan sosialisasi strategi marketing digital pada kondisi pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan sukses. Dimana pada paparan materi Whatsapp Bussines yang awalnya pegiat UMKM banyak yang tidak mengenal adanya whatsapp yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis namun setelah diberikan perlakuan berupa sosialisasi Whatsapp Bussines pengetahuan mereka mengenai Whatsapp Bisnis bertambah. Dan mereka juga ada yang tertarik untuk membuatnya. Sedangkan untuk layanan Google My Business tidak semua pelaku UMKM mempunyai layanan tersebut. sehingga setelah diberikan sosialisasi mengenai layanan Google My Business para pelaku UMKM tertarik untuk membuat layanan tersebut agar dapat mambantu mereka mangenalkan produk mereka dengan jangkauan yang lebih luas. Dan yang terakhir untuk respon peserta mengenai aplikasi e-PEKEN, pegiat UMKM belum mengetahui adanya aplikasi  e-PEKEN namun setelah diberikan sosialisasi e-PEKEN, pengetahuan mereka mengenai aplikasi ini bertambah. Dan mereka juga mempunyai ketertarikan untuk menjual produknya pada aplikasi e-PEKEN ini.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun