KKN-P 2024 Sukolelo berkesempatan mengadakan kunjungan ke salah satu pelaku UMKM di Desa Sukolelo. Kunjungan KKN-P Kelompok 11 ini bertujuan untuk melakukan observasi melalui ibu ketua UMKM yaitu ibu  Khoirul dengan tujuan untuk membangun branding pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sukolelo."Pada Kegiatan ini kami anggota kelompok 11 melakukan kunjungan kepada salah satu pelaku UMKM di Desa Sukolelo" ujar Nando. Ia mengatakan bahwa UMKM di Desa Sukolelo sangat beragam namun hanya beberapa saja yang masih aktif. Kepada ibu Khoirul selaku ketua pengurus UMKM kami menanyakan terkait pengelolaan teh celup daun telang dan UMKM lainnya. Informasi yang kami dapat bahwa UMKM di desa Sukolelo masih ada beberapa yang berjalan namun kekurangannya mereka sebagai pemilik UMKM bingung bagaimana cara untuk memasarkan produk mereka.
TimBerdasarkan informasi yang di dapat tim KKN-P kelompok 11 berinisiatif untuk membangun marketing tersebut dengan penyuluhan peluncuran produk UMKM di wa business, media sosial instagram serta memberikan pengetahuan terkait foto produk dan pembuatan video yang menarik dalam proses marketing. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu upaya agar penjualan UMKM di Desa Sukolelo dapat meningkat.
(Naailatun Nabilah)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H