Mohon tunggu...
KKN STKIP NH
KKN STKIP NH Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN STKIP Nurul Huda PPDC 22

DPL : Effendi,M.P.d. Ketua : Ahmad Zainal Arifin (1888201002) Anggota : Rica Viviowati (1886232063) Rian wibowo (1887203089) Tiara Yunika (1887203108) Sheila Oki Tarina (1888203046) Fitri Herlinawati (1884203018) Siti Nuria Anjani (1887203103) thina Dian sari(1888201063)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN STKIP Nurul Huda SukarajaMemperkenalkan Media Pembelajaran Daring Menggunakan Game Online

18 Agustus 2021   08:12 Diperbarui: 18 Agustus 2021   11:28 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi covid-19 bukan hanya berdampak pada sector ekonomi, pariwisata, transportasi dan manufaktur. Namun berdampak pada dunia pendidikan.

Mengacu pada Surat Edaran Kemendikbud Nomor 40 Tahun 2020 Tentang "Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)", Menteri Pendidikan dan Kebudaya an (Mendikbud), Nadiem Makarim, mengambil sejumlah kebijakan untuk menghadapi pandemi. Kebijakan tersebut salah satunya adalah penetapan Pembelajaran Jarak Jauh (Pembelajaran Daring).

Seiring berjalannya waktu, ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran daring, salah satunya yaitu siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. 

Buk Zulfatun, salah satu guru yang ikut mengatakan "Banyak siswa yang sering keluar dari classroom saat mengikuti pembelajaran daring, bahkan ada yang masuk classroom hanya untuk mengisi absen saja."

Wali murid pun merasa kuwalahan saat mendampingi anaknya belajar daring, selain factor kurangnya waktu untuk mendampingi siswa belajar, kurangnya pengtahuan entang tekhnologi juga menjadi kendalanya. 

"Saat Andri belajar daring, saya tidak sepenuhnya menemani dari awal pelajaran sampai selesai, saya hanya mengecek beberapa menit sekali, dan terkadang saat belajar daring Andri sering maen game online", ujar Buk Uus saat kami melakukan pendampingan pembelajaran daring.

Berawal dari masalah-masalah tersebut, kami anggota KKN PPDC 22 yang berlokasi di Desa Kurungan Nyawa 1, berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut, suasana pembelajaran yang menarik, dan dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. 

Disini kami memperkenalkan media pembelajaran daring dengan menggunakan game online. Media ini dapat dibuat oleh setiap guru sesuai dengan materi yang disampaikan. Media ini dapat dibuat di aplikasi Quizwhizzer. Quizwhizzer adalah alat yang dirancang untuk menigkatkan pengalaman kelas melalui gamifikasi, tanpa mengurangi pembelajaran. 

Ini adalah balapan menuju akir, dimana anda maju dengan menjawab pertanyaan. Selain pembelajarannya didesain dengan tampilan yang lebih menarik (Dalam bentuk game) pembuatan media inipun terbilang mudah dan tidak rumit, karena hanya terdiri dari 3 menu. Untuk Lebih lengkapnya tentang pembuatan game online ini dapat kunjungi link berikut : di sini


Sumber daring: 1 2 3 4 5

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun