aplikasi game sebagai media pembelajaran di SDN 2 Masaran, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.
Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang (UM) 2022 menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan pelatihanKegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 25 Oktober 2022. Pendampingan dan pelatihan aplikasi game dengan sasaran para guru di SDN 2 Masaran ini bertujuan untuk memberikan inovasi media pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif sehingga para siswa tidak lagi merasa bosan ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran akan memberikan dampak pada kualitas dari proses pembelajaran tersebut. Keberadaan media pembelajaran diharapkan dapat menunjang atau membantu guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Media pembelajaran yang efektif adalah media pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan belajar yang ada.Â
Salah satu media pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan di lingkungan SD adalah game edukasi. Keunggulan dari penggunaan game edukasi yaitu adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional.
Oleh karena itu, tim Pengabdian Universitas Negeri Malang Desa Masaran berinisiatif untuk mengadakan program kerja pendampingan dan pelatihan aplikasi game sebagai media pembelajaran di SDN 2 Masaran.Â
Game yang dikembangkan adalah game visual novel yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Ren'py. Penggunaan aplikasi Ren'py dipilih karena merupakan salah satu software pengembang game yang mudah digunakan khususnya bagi pemula.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan pendampingan dan pelatihan aplikasi game sebagai media pembelajaran di SDN 2 Masaran berlangsung selama 2 jam dan diikuti oleh 6 guru dan kepala SDN 2 Masaran. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala SDN 2 Masaran kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari perwakilan mahasiswa Tim Pengabdian Universitas Negeri Malang.Â
Setelah itu dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi game "Masaran's Education Game" yang sebelumnya telah dibuat oleh tim Pengabdian Universitas Negeri Malang dan pendampingan cara penggunaan serta cara merubah materi dan soal yang ada di dalam game "Masaran's Education Game".
Kepala SDN 2 Masaran dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penggunaan teknologi khususnya di SDN 2 Masaran. Penggunaan teknologi dalam lingkungan SDN 2 Masaran diharapkan dapat membuat warga sekolah khususnya para siswa dapat terus mengikuti perkembangan zaman. Selain itu penggunaan teknologi juga diharapkan dapat membantu mempermudah guru dalam proses pembelajaran di kelas.