Mohon tunggu...
Kknreguler 23
Kknreguler 23 Mohon Tunggu... Editor - Organisasi

Konten sosial seputar kkn

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dukung Kemajuan UMKM, Mahasiswa UIN Walisongo Adakan Seminar Digital Marketing

30 Oktober 2022   00:33 Diperbarui: 30 Oktober 2022   00:33 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan seminar UMKM di Kelurahan Terboyo Wetan 

Mahasiswa KKN Reguler posko 23 UIN Walisongo mengadakan seminar digital marketing bagi pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) warga Terboyo Wetan. Kegiatan ini diadakan di kelurahan Terboyo Wetan dengan mengusung tema "Optimalisasi Peran Digital Marketing Guna Mendorong Kemajuan UMKM Masyarakat Terboyo Wetan." Jumat, (28/10/2022) pukul 10.00 WIB -- Selesai.


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga Terboyo Wetan yang memiliki usaha. Dengan mengundang pemantik dari brand Designer sekaligus founder UMKM Berdikarya yaitu Sulistya Adhi Nugraha, yang terkenal dengan panggilan Addi Ippe.


Kegiatan seminar ini bertujuan untuk mendorong kemajuan UMKM lokal khususnya di kelurahan Terboyo Wetan. Banyak sekali warga yang memiliki usaha rumahnya seperti sambel goreng, catering, rajut dan kerajinan kantong belanja dari limbah plastik tetapi tidak tahu strategi atau cara memasarkan dagangannya, alhasil produknya hanya mampu dijual kepada langganannya saja atau dari mulut ke mulut sehingga produk yang terjual juga tidak maksimal.


Maka dari masalah yang ada, tim KKN UIN Walisongo posko 23 berinisiatif untuk mengadakan seminar UMKM yang diharapkan dengan adanya kegiatan seminar UMKM ini mampu mendorong kemajuan UMKM lokal di kelurahan Terboyo Wetan khususnya. Ujar Tika Kurniasari (koordinator ekonomi dan kewirausahaan)


Dengan bantuan pihak BUMN kota Semarang dan Berdikarya kegiatan seminar ini berjalan dengan baik dan lancar.

Menurut narasumber Addi Ippe ada 4 kunci dalam menjalani usaha yaitu:

1.Pertama
Produk yang paling sering dilihat yaitu produk yang kreatif dalam artian produk yang kita jual itu baru pertama kali dijual dipasaran. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ciri khas dari produk kita sendiri.
2.Terbaik
Jual produk terbaik yang kita buat, atau berikan pilihan kepada customer produk yang yang biasa atau premium dan tentunya dengan kualitas yang berbeda.
3.Berbeda
4.Harus memberi manfaat


"Pelaku bisnis atau pemilik UMKM di Kelurahan Terboyo Wetan ini saya lihat masih sangat mendasar, sehingga saya juga harus menyesuaikan tingkatan pelaku bisnis yang ada di sini. Tadinya saya ingin memberikan materi mengenai strategi pemasaran di e-commerce agar mampu bersaing dengan pemilik Usaha diluaran sana," ujar Addi Ippe sebagai narasumber seminar UMKM.


Akan tetapi melihat masyarakat sangat antusias dalam mengikuti seminar kali ini, dilihat dari banyaknya warga yang bertanya dan berdiskusi mengenai bagaimana kelanjutan bisnis yang sedang dijalani. Maka dengan begitu diharapkan masyarakat Terboyo Wetan bisa saat mengembangkan lagi usahanya.


"Terima kasih teman-teman KKN yang sudah memberikan kesempatan untuk kami belajar mengenai bagaimana cara mengembangkan bisnis, dan saya sangat tertarik sekali dengan materi yang disampaikan oleh narasumber. Karena bahasanya yang mudah dipahami oleh orang awam seperti kami, dan pembawaannya yang asik sehingga kita tidak mudah bosan untuk memperhatikan," ujar Bu Munifa (warga Terboyo Wetan).

Reporter: kominfo KKN UIN Walisongo posko 23

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun