Mohon tunggu...
KKN P UMSIDA JATIARJO
KKN P UMSIDA JATIARJO Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Official Account KKN-P UMSIDA 2023 Kelompok 10 Desa Jatiarjo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gelar Seminar Branding Produk, Guna Bantu Pengembangan Sumber Daya Manusia di Desa Jatiarjo

6 Februari 2023   21:39 Diperbarui: 6 Februari 2023   21:46 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemaparan materi branding produk yang dibawakan oleh Bapak Alshaf. Dokpri

Kelompok KKN-P 10 Umsida mengadakan seminar branding produk dengan judul "Branding Produk-Inovasi Cookies Kopi dan Bolu Nangka" pada Rabu (25/01/2023) di Kampung Kopi Jatiarjo. Seminar ini dibawakan oleh Bapak Alshaf Pebrianggara, SE., MM, CMA, Kaprodi bisnis digital dan dosen prodi manajemen Umsida. Seminar ini dihadiri oleh 20 peserta yang berasal dari Ibu-ibu PKK Desa Jatiarjo. Kegiatan ini disambut dengan antusiasme ibu-ibu PKK.

Pada seminar ini membahas tentang bagaimana cara mem-branding produk olahan hasil bumi Jatiarjo yaitu kukis kopi dan bolu nangka. Dalam seminarnya, Bapak Alshaf memberikan penjelasan mengenai pentingnya kesadaran merek (Brand Awareness), dimana kesadaran merek ini berguna untuk menunjukkan bagaimana pelanggan mengenali merek atau produk yang dijual. "Ada 8 poin yang perlu diperhatikan terkait kedasaran merek sebuah produk" ujar Bapak Alshaf selaku pemateri.

Bapak Alshaf sedang memaparkan materi mengenai branding produk. Dokpri
Bapak Alshaf sedang memaparkan materi mengenai branding produk. Dokpri

Apa saja 8 poin yang harus diperhatikan terkait kesadaran merek? Berikut penjelasan yang disampaikan oleh pemateri :

1. Design

Desain kemasan berperan penting dalam membentuk brand awareness di masyarakat. Desain kemasan menentukan ranah atau target produk yang akan dijual.

2. Value

Value atau nilai produk dapat memengaruhi presepsi konsumen terhadap produk yang dijual. Karena penilaian pada merek dilihat dari seberapa besar barangnya mau dibeli oleh pelanggan. Namun harap diperhatikan bahwa harga yang diberikan harus sesuai dengan nilai produk yang dijual.

3. Strategy

Strategi dalam brand awareness meliputi strategi penjualan yang hendak dilakukan. Jika strategi product branding telah berhasil maka bisa dipastikan keuntungan bisnis pun akan mengalami peningkatan.

4. Logo

Logo dapat menjadi identitas dan ciri dari produk yang dijual sehingga pemilik usaha mampu mempresentasikan nama dan jenis produknya.

5. Marketing

Marketing merupakan poin penting dalam brand awareness. Ada 2 model dalam marketing, model konvensional dan digital.

6. Advertising

Advertising atau iklan merupakan upaya untuk menarik perhatian pelanggan. Hal itu dilakukan melalui pesan berupa gambar, video, maupun kata-kata mengenai produk yang ditawarkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun