Mohon tunggu...
KKN MBKM UM MULYOARJO
KKN MBKM UM MULYOARJO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pengabdian Masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UM 2022 - Sosialisasi dan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM di Desa Mulyoarjo

10 Desember 2022   15:58 Diperbarui: 10 Desember 2022   16:02 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rabu, 16 November 2022 - Dalam rangka menjalani pengabdian kepada masyarakat, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan "Sosialisasi dan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM" di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Balai Desa Mulyoarjo dimulai pada Pukul 19.30 WIB hingga 21.00 WIB

Digital marketing adalah strategi pemasaran dimana penjual memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu internet. Cara ini dilakukan karena pada saat ini calon pembeli dapat lebih mudah memperoleh informasi terkait produk yang dicari melalui media digital atau internet.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa UM dan juga tim digital marketing yang dimiliki Desa Mulyoarjo. Bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM di Desa Mulyoarjo tentang apa itu digital marketing dan mendorong UMKM untuk melakukan metode pemasaran secara digital.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini dibutuhkan mengingat kondisi dimana dunia sudah membaik dari pandemi. UMKM yang telah terdampak disaat pandemi, dengan kegiatan ini diharap dapat bangkit dan memulai kembali UMKM yang telah dibangun terutama bagi UMKM yang ada di Desa Mulyoarjo. 

Kegiatan ini dibuka oleh Pak Rokhim selaku Kepala Desa Mulyoarjo dan perwakilan tim digital marketing mulyoarjo untuk mengenalkan tim tersebut kepada seluruh peserta yang hadir. Dalam kegiatan ini terdapat 2 materi yang disampaikan, materi pertama berupa pengenalan bagi warga tentang apa itu digital marketing, contoh media yang digunakan serta cara-cara untuk melakukannya. Lalu, dilanjutkan dengan materi branding produk, materi ini disampaikan guna membantu UMKM yang kebingungan dalam membuat branding dari produk yang dimilikinya. 

Penyampaian Materi (Dokpri)
Penyampaian Materi (Dokpri)

Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berupa tanya jawab. Pertanyaan datang dari peserta yang hadir, kebanyakan pertanyaan yang muncul berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran digital. Disini pemateri memberikan solusi pada setiap permasalahan yang ada sehingga UMKM dapat mengatasi masalah yang muncul tersebut.

Sesi diskusi adalah sesi penutup dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan untuk dapat dilanjutkan dan peserta yang diundang lebih banyak. Agar materi strategi pemasaran ini dapat dijangkau oleh seluruh UMKM  yang ada di Desa Mulyoarjo sehingga UMKM tersebut terdorong untuk melakukan pemasaran secara  digital.


Sesi diskusi (Dokpri)
Sesi diskusi (Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun