Hadirnya Workshop Kewirausahaan yang bertema “Optimalisasi Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Pemasaran di Era Digital” di Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang yang di adakan di Balai RW 06 menjadi perhatian mengapa pelaku UMKM perlu mengoptimalkan penggunaan media sosial.
Kegiatan Workshop kewirausahan merupakan salah satu program kerja dari Divisi Ekonomi Kreatif dan Divisi Media Sosial KKN UIN Walisongo Semarang. Workshop ini bertujuan untuk memberikan informasi berkaitan dengan optimalisasi media sosial terhadap pelaku UMKM untuk meningkatkan brand pemasaran masing-masing UMKM di Kelurahan Kalicari. Dengan mengoptimalkan media sosial, pelaku UMKM dapat meningkatkan branding serta mencapai tujuan yang diharapkan.
Penggunaan platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan pemasaran berbasis data telah menjadi penting dalam strategi pemasaran modern. Oleh karena itu, penyusunan strategi pemasaran brand yang efektif dalam konteks ekonomi digital sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan dan daya saing bisnis.
Penggunaan platform digital seperti media sosial, e-commerce, dan pemasaran berbasis data telah menjadi penting dalam strategi pemasaran modern. Oleh karena itu, penyusunan strategi pemasaran brand yang efektif dalam konteks ekonomi digital sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan dan daya saing bisnis.
Kegiatan Workshop Kewirausahaan ini menghadirkan satu pemateri spesial, yaitu Meiza Hayyu Putri, S.Si sebagai pemateri dalam Workshop Kewirausahaan. Dalam penyampaian materi, ibu Meiza berpesan bahwa dalam mengoptimaliasi media sosial untuk meningkatkan brand pemasaran di era digital, yaitu membuat Business Model Canvas.
Kegiatan workshop yang dilaksanakan tepat pada tanggal 3 Agustus 2024 tidak menyurutkan semangat belajar para peserta, buktinya sebanyak 18 perwakilan pelaku UMKM tertarik mengikuti kegiatan workshop dari awal hingga akhir.
"meskipun dilaksanakan pada siang hari kami tetap bersemangat dalam mengikuti penyampaian materi pada kegiatan ini karena sangat bermanfaat, apalagi terdapat reward bagi yang bertanya” ujar Bu Ana. Sabtu (3/08/24)
Pihak Kelurahan berpesan bahwa dalam pelaksanaan workshop ini perlu di perhatikan dengan seksama oleh para peserta. Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini dapat memberikan pengetahuan, pengalaman dan sosialisasi kepada pelaku UMKM terkait dengan bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk meningkatkan brand pemasaran di era digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H