Mohon tunggu...
KKN MIT 16
KKN MIT 16 Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Menarik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN MIT-16 Posko 4 Berdayakan UMKM Melalui Sosialisasi UMKM dan Digital Marketing

22 Agustus 2023   22:59 Diperbarui: 22 Agustus 2023   23:23 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KOMINFO KKN MIT-16 POSKO 4 UIN WS 2023

Cepoko-Pada tanggal 29 Juli 2023, kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MIT-16 Posko 4 Kelurahan Cepoko dari UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan acara sosialisasi UMKM dan Digital Marketing bertema Optimalisasi Bisnis UMKM melalui Pemanfaatan Media Digital. Acara ini diadakan di kantor kelurahan Cepoko pada pukul 09.00 WIB. Seminar ini dihadiri kurang lebih 40 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan warga setempat.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku usaha UMKM di Kelurahan Cepoko. Diadakannya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pemasaran hasil UMKM melalui media digital.

Dalam kata sambutannya, Rahmat Ardhi Desamba selaku koordinator kelompok KKN mengungkapkan "Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku usaha UMKM di lingkungan KKN. Saya berharap, setelah mengikuti sosialisasi ini, potensi pemasaran hasil UMKM melalui media digital dapat meningkat."

Bapak Supriyanto selaku Lurah Cepoko dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah memberikan sarana bagi warga Kelurahan Cepoko untuk meningkatkan potensi UMKM melalu media digital.

"Terimakasih kepada mahasiswa KKN dari UIN Walisongo yang telah menyelenggarakan sosialisasi kepada pelaku UMKM Kelurahan Cepoko. Acara ini memberikan kesempatan yang baik bagi warga kami untuk menggali potensi dan memasarkan produknya melalui media digital yang saat ini sudah berkembang pesat di masyarakat", ungkap Bapak Supriyanto.

Dalam inti acara, Bapak Syaiful Bakhri selaku pemateri memberikan pemaparanya mengenai strategi pemasaran produk UMKM melalui media digital, diantaranya berbagi konten buatan sendiri, memperhatikan pesaing, menjaga konsistensi, bereksperimen dengan konten, terlibat dalam percakapan/engagement, membuat konten kalender sosial media, buatkan konten yang menarik, buat konten live streaming, perkaya konten visual, lakukan analisis pada media sosial, manfaatkan asisten virtual, menentukan platform, menggunakan jasa influencer, jadwal waktu posting, dan evaluasi. Selain itu, bapak Syaiful Bakhri juga menganjurkan kepada peserta sosialisasi UMKM memaksimalkan google maps untuk pemasaran produk.

Seminar ini juga dimeriahkan dengan pemaparan ide-ide inovatif dan kreatif dari mahasiswa KKN MIT-16 UIN Walisongo berupa resep makanan inovasi dari jantung pisang, yaitu nugget jantung pisang. Pemberian resep inovasi makanan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para hadirin untuk memanfaatkan jantung pisang yang seringkali dipandang sebelah mata, padahal jantung pisang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang cukup banyak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun