Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Peran mahasiswa tidak hanya sebatas belajar namun dituntut untuk mampu berpartisipasi kepada masyarakat luas. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengamalkan salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi, Pengabdian Masyarakat yaitu kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
Untuk menjalankan peran tersebut, Mahasiswa KKN FMIPA UB 2018 di Sumbersekar menjalakan program kerja dalam bidang pendidikan yang  berada dibawah tanggung jawab tim PENDIDIKAN.
Pada babak penyisihan setelah moderator selesai mebacakan soal, peserta memiliki waktu 5 detik untuk menjawab dan akan dilempar ke kelompok lain jika peserta sebelumnya tidak menjawab begitu seterusnya.Â
Dari babak penyisihan, semua kelompok yang lolos  bertanding di semifinal. Sistem dari semifinal itu sendiri adalah tersedia 12 kotak soal, setiap kelompok diberi kesempatan 3 kali untuk memilih kotak yang akan dijawab bersama-sama dengan kelompok lainnya.Â
Selanjutnya untuk babak final, terdiri dari dua fase yaitu fase tebak langsung dengan sistematika yang sama dengan babak penyisihan (terdiri dari 7 soal) dan fase lempar kotak yaitu pada layar tersedia 6 kotak, masing-masing kelompok memiliki 3 kali kesempatan untuk memilih jotak berisi pertanyaan yang akan dijawab kelompok lain. Lomba CC ini merupakan bentuk evaluasi belajar dari program bimbel yang telah dilakukan oleh tim Pendidikan.Â
Selain sebagai evaluasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi anak-anak serta menggali potensi dalam diri mereka sebagai generasi penerus bangsa yang berwawasan dan berbudi luhur.
Tim pendidikan memberikan penjelasan yang sesederhana mungkin sehingga anak-anak mudah memahaminya. Dengan mini lab tersebut tim Pendidikan ingin menumbuhkan rasa ingin tahu serta meningkatkan daya tangkap anak-anak melalui metode pembelajaran yang interaktif. Harapannya seluruh program kerja dari tim Pendidikan KKN FMIPA UB dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan pendidikan di Sumbersekar.
" Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah "
Ki Hajar Dewantara