Mohon tunggu...
KKN MB 161 IAIN KUDUS
KKN MB 161 IAIN KUDUS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kumpulan Mahasiswa KKN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN-MB 161 IAIN Kudus Beri Kontribusi Positif Saat Mengajar Ngaji di TPQ An-Nur Dusun Siwalan Desa Gedangan

8 Oktober 2024   22:30 Diperbarui: 8 Oktober 2024   22:47 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gedangan, Wirosari -- Tim KKN-MB 161 IAIN Kudus memberikan kontribusi signifikan melalui kegiatan mengajar mengaji di TPQ An-Nur, Dusun Siwalan, Desa Gedangan. Kegiatan yang berlangsung setiap siang sampai sore ini tidak hanya berfokus pada pembelajaran baca tulis Al-Qur'an, tetapi juga melibatkan berbagai pendekatan kreatif untuk memotivasi anak-anak agar semakin semangat dalam belajar agama.

Proses pembelajaran di TPQ An-Nur dimulai pada pukul 14.00 WIB. Sebelum memasuki materi utama, para santri diajak untuk berdo'a bersama, dilanjutkan dengan pembacaan Asma'ul Husna sebagai pengingat akan kebesaran Allah SWT. Anak-anak kemudian diberi kesempatan untuk menulis sebagai latihan, sebelum mengaji langsung dengan para guru yang sudah berpengalaman.

Namun, sejak kedatangan tim KKN 161 IAIN Kudus yang terdiri dari Mila, Titin, Ifa, Wawa, dan Sabrina, metode pengajaran menjadi lebih interaktif dan terstruktur. Tim KKN-MB 161 IAIN Kudus turut andil dalam membagi tugas mengajar sesuai dengan kemampuan dan tingkat capaian setiap santri. Mereka memastikan setiap anak mendapat perhatian dan pendampingan sesuai kebutuhan.

Selain mengaji, para mahasiswa KKN-MB 161 IAIN Kudus juga memperkenalkan ice breaking di akhir sesi pembelajaran. Tujuannya sederhana namun berdampak besar, yaitu untuk mencairkan suasana, meningkatkan semangat belajar, serta mempererat ikatan antara santri dengan pengajar. Aktivitas ini disambut antusias oleh para santri yang senang dengan variasi pembelajaran yang tidak hanya serius, tetapi juga menyenangkan.

Pembelajaran Berlangsung/Dokpri
Pembelajaran Berlangsung/Dokpri
Salah satu anggota tim KKN, Titin, menjelaskan bahwa metode ini penting untuk menciptakan suasana yang lebih relaks di tengah padatnya rutinitas belajar para santri. "Kami ingin anak-anak tidak hanya fokus pada sisi akademis, tapi juga merasakan kebahagiaan dalam belajar agama. Dengan suasana yang lebih cair, mereka lebih mudah menyerap pelajaran," ujarnya.

Melalui program ini, Tim KKN 161 IAIN Kudus berharap dapat memberikan dampak positif terhadap pendidikan agama di Dusun Siwalan. Kehadiran mereka di TPQ An-Nur memberikan warna baru dalam proses belajar mengajar yang berlangsung. Selain meningkatkan kemampuan mengaji, tim ini juga berusaha membangun karakter anak-anak melalui pendekatan edukatif yang inovatif.

"Pengalaman ini sangat berharga, bukan hanya bagi kami sebagai mahasiswa, tapi juga bagi anak-anak yang kami ajar. Kami berusaha memberikan yang terbaik dan berharap kontribusi kami bisa berlanjut meskipun program KKN selesai," ungkap Mila, salah satu anggota tim.

Baca Tulis Al-Qur'an/Dokpri
Baca Tulis Al-Qur'an/Dokpri
Kegiatan ini tidak hanya menunjukkan dedikasi mahasiswa dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pembentuk karakter anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Dengan metode yang kreatif dan inovatif, mereka berupaya menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini, sekaligus memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi para santri TPQ An-Nur.

Partisipasi mahasiswa KKN-MB 161 IAIN Kudus di TPQ An-Nur Dusun Siwalan menjadi bukti nyata pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan dan masyarakat. Kegiatan yang mereka lakukan tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak TPQ, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa yang berkesempatan terjun langsung dalam dunia pendidikan agama. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan membawa manfaat jangka panjang bagi Dusun Siwalan, Desa Gedangan, serta sekitarnya.

Penulis : Izzatul Mila

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun