Mohon tunggu...
KKN Kolaboratif079
KKN Kolaboratif079 Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

KKN Kolaboratif 079 beranggotakan 15 mahasiswa/i yang terdiri atas mahasiswa/i Universitas Jember, ITS Mandala, Akademi Farmasi, Universitas Islam Jember, Universitas PGRI Argopuro Jember, dan Universitas Mochammad Sroedji Jember. KKN Kolaboratif 079 bertempatan di Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Desa, KKN Kolaboratif 079 Mengadakan Sosialisasi Digital Marketing UMKM

24 Agustus 2023   17:20 Diperbarui: 24 Agustus 2023   17:23 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam rangka mewujudkan program kerja di bidang ekonomi, mahasiswa/i KKN-Kolaboratif 079 mengadakan kegiatan yang berjudul "Sosialisasi Digital Marketing dan Entrepreneurship dalam Memberdayakan UMKM Desa Klompangan." Kegiatan tersebut sukses digelar pada hari Selasa, 22 Agustus 2023 dan dihadiri oleh 15 pelaku usaha dari seluruh dusun di Desa Klompangan. UMKM yang kerap hadir pada acara ini datang dari berbagai bidang, tidak hanya bidang jual beli makanan namun pedagang lainnya seperti fashion, ikan hias, jambe, dan belut. Acara tersebut bertujuan untuk mendekatkan usaha dengan pelanggan, memahami pelaku usaha dengan lebih baik, menambah nilai suatu produk, memperluas jaringan distribusi dan juga meningkatkan angka penjualan dengan melakukan kegiatan e-marketing berbasis media digital seperti search engine marketing, online advertising dan affiliate marketing.

Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Entrepreneurship (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing dan Entrepreneurship (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kegiatan sosialisasi dibimbing secara langsung oleh Bapak Eko Nuryahya selaku Founder Jemberpreneur. Beliau menyampaikan tujuh formula ampuh dalam memulai bisnis, membangun brand/merk yang mudah untuk diingat konsumen dengan keunikannya masing-masing, promosi melalui packaging produk, dan pemasaran di era digital. Tidak sampai disana, beliau juga meninjau produk-produk UMKM Desa Klompangan dan memberikan pendampingan usaha secara gratis. Pada akhir acara, kelompok KKN-Kolaboratif 079 memberikan kesempatan bagi seluruh pelaku usaha untuk mempromosikan produknya kepada audiens lainnya. Acara berjalan dengan lancar dan mendapatkan tanggapan positif oleh kedua belah pihak yaitu pemateri maupun peserta.

 "Melalui kegiatan ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh saya dan teman-teman pelaku usaha lainnya, semoga pelaku usaha dengan segala potensialnya di Desa Klompangan mampu melebarkan distribusi pemasaran produknya" Ujar Saiful selaku pelaku usaha di bidang Fashion.

Informasi Lebih Lanjut

Kunjungi Website Universitas Jember

Kunjungi Profile Desa Klompangan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun