Mohon tunggu...
KKN Tim II Undip
KKN Tim II Undip Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tim II Undip Desa Klikiran Tahun Ajaran 2023

Hai! Kami adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tahun 2023 yang ditempatkan di Desa Klikiran, Kabupaten Brebes, Kecamatan Jatibarang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

1000 Pohon dari Mahasiswa UNDIP untuk Masyarakat Desa Klikiran

14 Agustus 2023   15:07 Diperbarui: 14 Agustus 2023   15:26 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumentasi Pribadi, 2023)

Desa Klikiran, Jatibarang, Kab. Brebes (14/9/2023), Desa Klikiran merupakan salah satu desa yang terdapat di wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Desa Klikiran memiliki luas wilayah sekitar 2,5. km dan jumlah penduduk sekitar 1550 jiwa. Umumnya, masyarakat Desa Klikiran bermata pencaharian sebagai petani.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Klikiran menemukan bahwa lingkungan Desa Klikiran masih tergolong gersang. Hal ini melatarbelakangi dibuatnya program penanaman pohon oleh KKN Tim II UNDIP dengan melibatkan peran serta masyarakat. Menanam pohon dilaksanakan pada lahan kosong di wilayah Desa Klikiran. Tujuannya untuk meningkatkan keasrian lingkungan dan menjadikan suasana di desa lebih sejuk. Selain itu buah yang dihasilkan dari pohon yang ditanam dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Penanaman 1000 Bibit Pohon di Desa Klikiran dilaksanakan pada Senin, 24 Juli 2023 yang didampingi oleh perangkat desa dan dinas pertanian. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Balai Penyuluhan Pertanian serta Bapak Sekretaris Desa kemudian dilanjut dengan persiapan alat dan bahan dan penanaman bibit pertama di sekitar Lapangan Desa Klikiran. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di wilayah SD Klikiran. Penanaman terakhir dilakukan pada lahan kosong di Desa Klikiran yang nantinya akan dibangun Balai Desa Klikiran yang baru. Kemudian beberapa bibit pohon dibagikan kepada warga desa yang ingin menanam bibit disekitar rumah.

Penanaman pohon terlaksana dengan baik sesuai rencana dan pendistribusian bibit ke masyarakat juga berjalan dengan baik. Namun, tetap ada beberapa hambatan yang terjadi, seperti kurangnya partisipasi masyarakat untuk merawat pohon berkelanjutan dan prediksi BMKG yang mengatakan bahwa akan ada cuaca kemarau panjang.

DPL                : Mas'ut S. Ag., M. Si

Lokasi             : Desa Klikiran, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun