Mohon tunggu...
KKN KLEGO UNDIP 2023
KKN KLEGO UNDIP 2023 Mohon Tunggu... Lainnya - TIM 1 KKN Undip 2022/2023

Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Viral!!! Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan Digital Marketing untuk Peningkatan Pendapatan UMKM di Desa Klego

6 Februari 2023   16:55 Diperbarui: 7 Februari 2023   09:32 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemasangan Banner pada Lokasi Usaha UMKM (Dokumentasi pribadi)

Desa Klego memiliki potensi yang cukup memadai berkaitan dengan pelaku usaha.  Dilalui oleh jalur lintas darat antar Provinsi. Masyarakat Desa klego sebagian besar menjalankan beberapa usaha seperti membuka toko kelontong, Kuliner, Konveksi Tas dan lain sebagainya. 

Jumlah kunjungan pembeli pada suatu UMKM menentukan cara atau strategi pemasaran serta promosi yang dilakukan. Agar dapat meningkatkan brand awareness untuk mempertahankan eksistensinya maka pelaku UMKM  perlu melakukan pemasaran dan promosi yang dirasa paling efektif. 

Mahasiswa KKN Tim I Periode 2022/2023 UNDIP Desa Klego, Kabupaten Boyolali, Muhamad Ziski Fauzi Melakukan Program Monodisiplin "Edukasi tentang Peningkatan pendapatan melalui pengenalan Digital Marketing".

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.

Mahasiswa KKN Undip Bersama Pemilik UMKM (Dokumentasi pribadi)
Mahasiswa KKN Undip Bersama Pemilik UMKM (Dokumentasi pribadi)

Media Sosial sebagai salah satu sarana pemasaran, Platform yang digunakan yaitu Instagram sebagai media promosi, Selain mudah dan ekonomis, penggunaan sosial media ini dapat menampilkan informasi secara lengkap serta menampilkan produk menjadi lebih menarik.

Digital Marketing pada UMKM materi yang dibawakan berupa branding produk, pengenalan media sosial, cara menggunakannya. Digitalisasi ini selaras dengan target pemerintah UMKM Go Digital pada tahun 2024 dimana sebanyak 30 juta pelaku usaha UMKM dapat memasarkan produknya secara online. 

Program kegiatan ini berupaya mendorong masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam promosi produk. Oleh sebab itu, Ziski dan Tim berusaha untuk memberikan sosialisasi serta praktik sederhana terkait pentingnya Digital Marketing diharapkan dapat meningkatan pendapatan UMKM khususnya Desa Klego serta memperkenalkan usaha kepada khalayak Publik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun