Mohon tunggu...
KKN Kelompok 3
KKN Kelompok 3 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas PGRI Madiun

KKN-T Periode I Universitas PGRI Madiun 2024

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 3 Membantu UMKM Jahe Latte dalam Pemanfaatan Digital Marketing di Sosmed, Pembuatan Stiker dan Banner

17 Juni 2024   16:45 Diperbarui: 17 Juni 2024   18:32 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri
dokpri

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Terpadu Kelompok 03 Universitas PGRI Madiun melaksanakan Program Kerja (Proker) pemberdayaan masyarakat kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Madiun, Jum,at (07/06/2024).

Di Kelurahan Winongo ada sejumlah UMKM yang berada dan sedang berkembang di kelurahan winongo, diantaranya usaha minuman Jahe Latte. Program kerja kali ini dilakukan dengan cara mengunjungi lokasi usaha, mendata, mewawancarai dan memberikan wawasan kepada pelaku usaha mengenai digital marketing.

Ibu Ratna, selaku pemilik UMKM diberikan pelatihan terkait pemanfaatan media sosial sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran untuk membranding produk mereka. Tidak hanya itu, Ibu Ratna juga dilatih untuk bagaimana memaksimalkan media sosial yang tersedia dan sedang berkembang saat ini dalam pengembangan bisnis.

Dalam pelaksaan Program Kerja pengembangan UMKM dimulai dengan pembuatan, benner, desain logo, logo sendiri sangat penting karena mampu mencerminkan sebuah identitas dari usaha itu sendiri agar lebih dikenal banyak orang.

Pendampingan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM. Ibu Ratna merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa KKN dari Universitas PGRI Madiun yang telah berbagi infromasi mengenai branding dan pemanfaatan digital marketing UMKM miliknya untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan harapan setelah diadakannya kegiatan KKN ini bisa memotivasi para pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen di era digitalisasi sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun