Mohon tunggu...
KKNKarangsemanding
KKNKarangsemanding Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN Kelompok 23 UM Surabaya. Desa Karangsemanding, Kec. Balongpanggang- Gresik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Adaptif Teknologi: KKN UM Surabaya Terapkan Game Edukasi Ular Tangga dan Literasi Digital di Sekolah

30 Agustus 2023   08:57 Diperbarui: 30 Agustus 2023   09:14 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bertempat di Desa Karangsemanding, Kecamatan Balongpanggang- Gresik, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan kegiatan wajib sebagai salah satu syarat akademis yakni Kuliah Kerja Nyata. Salah satu program kerja Mahasiswa KKN Kelompok 23 UMSurabaya adalah melaksanakan kegiatan belajar mengajar di salah satu Sekolah Dasar yang ada di Desa Karangsemanding yaitu di SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding. Program kerja ini melibatkan seluruh siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Karangsemanding Bapak Edy Sucipto, S.Pd. menuturkan apresiasi terhadap kegiatan pembelajaran edukatif oleh teman- teman KKN. "Kami dari keluarga besar SD Muhammadiyah 2 sangat senang kurang lebih 2 minggu ini anak- anak kami diberikan nuansa baru dalam pembelajaran yang menyenangkan akan tetapi tetap bernilai, terlebih dengan program digitalisasi pembelajaran yang diterapkan pada anak- anak kami". Ujar Pak Edy

"Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN menggunakkan 2 metode yaitu, pembelajaran menggunakan metode permainan edukasi ular tangga, dan pembelajaran dengan metode literasi digital menggunakan platform Quizizz. Sedangkan output nya yakni dengan perlombaan puisi berantai untuk mengasah kreatifitas dan kepercayaan diri para siswa." Ujar Muhammad Zibbat selaku ketua pelaksana kegiatan dari Mahasiswa KKN.

Pada pembelajaran metode permaianan ular tangga, mahasiswa mengajak siswa dan siswi untuk belajar sambil bermain dengan alat permaian ular tangga, dipapan permainan terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa -- siswi. Mahasiswa memilih metode pembelajaran ini karena permainan ular tangga sangat populer dikalangan anak-anak. Selain itu, permainan ular tangga memiliki berbagai tantangan untuk mencapai puncak atau garis finish dan memiliki rasa penasaran tersendiri terhadap peruntungan saat melempar dadu.

Pada pembelajaran metode literasi digital menggunakan platform quizizz, siswa-siswi diminta untuk membawa handphone, di era serba digital seperti sekarang adaptif terhadap teknologi perlu di lakukan termasuk pada aspek Pendidikan. Dalam pembelajaran digital ini kami, memiliki akses terhadap berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah kuis interaktif (Platform Quizizz). Dengan cara ini kami dapat menyajikan materi dengan lebih menarik dan bervariasi sehingga dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Output pada kegiatan belajar mengajar ini yaitu mahasiswa mengadakan lomba puisi berantai. Pada siswa-siswi diharap memilih tema sesuai dengan apa yang mereka mau dengan di dampingi mahasiswa, kegiatan ini bertujuan untuk bisa melatih kepercayaan diri para siswa, dan mengembangkan potensi dan bakat para siswa di SD Muhammadiyah 2 Desa Karangsemanding.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun