Tarik  (24/8/2024) - UMKM di Sidoarjo saat ini memiliki kemajuan yang sangat pesat. Tercatat, ada 13.075 UMKM dengan berbagai jenis usaha yang menyebar di seluruh penjuru Sidoarjo, salah satunya di Desa Banjarwungu, Tarik.
Pentingnya pembuatan label produk yang menarik dan informatif dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk lokal di tengah ketatnya persaingan pasar. Label produk tidak hanya berfungsi sebagai identitas dari produk itu sendiri, tetapi juga menjadi salah satu faktor penentu dan menarik minat konsumen.
Dalam program peduli UMKM INI, Mahasiswa KKN 09 Umaha memberikan pendampingan khusus kepada pelaku UMKM dalam pembuatan label produk yang menarik dan sesuai dengan standar pasar.
Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa KKN yang melihat banyaknya produk lokal yang memiliki kualitas unggul, namun belum memiliki label yang memadai. Label produk diyakini dapat membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya secara lebih luas.
Program ini dimulai dengan melakukan wawancara dengan pemilik usaha untuk memahami produk mereka dan kebutuhan label yang diinginkan. Target UMKM yang mendapat pendampingan yakni Jamu Tradisional Kunyit Asam Adinda, Rujak Buah Serut dan Es Lumut Bu Ngatilah, serta Dapoer Mbak Endud.
Salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan pendampingan merasa bangga karena produknya tampil dengan lebih menarik dengan label yang mencantumkaan nama produk, kontak usaha, dan desain yang kreatif.
"produk saya terlihat lebih menarik, saya jadi percaya diri dalam memasarkan produk yang saya tawarkan" ujar salah satu pelaku UMKM yang diwawancarai.
Ke depannya diharapkan program seperti ini dapat terus berlanjut. Dengan semakin banyaknya UMKM yang memiliki label produk berkualitas, produk lokal dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H