Mohon tunggu...
KKN UNTIDAR JOGOMULYO
KKN UNTIDAR JOGOMULYO Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok 2 KKN Untidar 2024 Desa Jogomulyo

Kami merupakan mahasiswa Universitas Tidar yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Jogomulyo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tim KKN Untidar Desa Jogomulyo Memperkenalkan Produk Media Pembelajaran Matematika sebagai Inovasi Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan

9 Agustus 2024   07:10 Diperbarui: 9 Agustus 2024   07:19 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengenalan Produk Media Pembelajaran Matematika  (Dokumentasi Kegiatan)/dokpri

Magelang, 26 Juli -- Tim KKN UNTIDAR (Universitas Tidar) kelompok 2 di Desa Jogomulyo memperkenalkan produk media pembelajaran matematika dengan Kepala Sekolah dan Guru sebagai bentuk inovasi pembelajaran efektif dan menyenangkan di SDN Jogomulyo, Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan pengenalan produk media pembelajaran bertujuan meningkatkan efektifitas dan kesenangan belajar bagi siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika. Kepala Sekolah SDN Jogomulyo, Bapak Ismail menyambut baik inisiatif ini, beliau menyampaikan "Dengan adanya program pengenalan media pembelajaran matematika ini membuat kami tertarik untuk memiliki media pendukung pembelajaran dan Kami mendukung penuh kegiatan KKN Untidar di SDN Jogomulyo". 

Kegiatan pengenalan produk media pembelajaran ini adalah hasil karya dari mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Menurut Ketua Tim KKN Untidar, Dimas Dwi Putra Alamsyah sebagai salah satu mahasiswa S1 Pendidikan Matematika mengungkapkan "Menyadari bahwa matematika sering kali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi banyak siswa. Oleh karena itu, kami ingin menghadirkan pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Media ini dirancang tidak hanya untuk mempermudah pemahaman konsep matematika tetapi juga untuk meningkatkan minat belajar siswa."

Pembelajaran dengan Media Pembelajaran Matematika/dokpri
Pembelajaran dengan Media Pembelajaran Matematika/dokpri

Feedback dari para guru dan siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap media pembelajaran ini. Beberapa guru mengungkapkan bahwa alat bantu ini memudahkan mereka dalam menjelaskan konsep-konsep matematika yang rumit dan membuat suasana kelas menjadi lebih dinamis. Sementara itu, siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam pelajaran matematika. Pengenalan produk media pembelajaran untuk memberikan inovasi terhadap guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran khususnya di mata pelajaran matematika.  Tujuan dari pengenalan media pembelajaran ini juga untuk membuat murid-murid  di SDN Jogomulyo lebih tertarik dan tidak membosankan  dalam kegiatan pembelajaran matematika. 

Selain pengenalan produk media pembelajaran, Tim KKN UNTIDAR (Universitas Tidar) kelompok 2 juga mengadakan penerapan pembelajaran menggunakan produk media pembelajaran matematika untuk kelas 4, 5 dan 6 di SDN Jogomulyo. Kegiatan ini dilaksanakan berkordinasi dengan Kepala Sekolah dan Guru di SDN Jogomulyo. Kegiatan ini dimulai di hari Selasa, 30 Juli 2024 di jadwal matematika kelas 4 dan kelas 6 SDN Jogomulyo. Untuk kelas 5 kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat media pembelajaran hari Kamis, 1 Agustus 2024 dalam kegiatan ini siswa sangat aktif dan antusias dalam menggunakan media pembelajaran yang dibawa oleh Tim KKN UNTIDAR.

Pembelajaran Matematika di Kelas 6 SDN Jogomulyo (Dokumentasi Kegiatan)/dokpri
Pembelajaran Matematika di Kelas 6 SDN Jogomulyo (Dokumentasi Kegiatan)/dokpri

Bapak Tri Singgih, sebagai wali kelas 6 menyambut positif kegiatan pengenalan dan pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika. "Dengan adanya media pembelajaran siswa menjadi lebih mudah mengenal mengenai bangun datar dan bangun ruang dalam pembelajaran matematika, siswa dapat membentuk bangun kemudian menganalisis langsung macam-macam bangun datar dan bangun ruang menggunakan  perangkat media pembelajaran matematika". 

Siswa juga sangat senang dapat lebih paham mengenai konsep dalam materi bangun datar dan bangun ruang.Pihak sekolah mendukung kegiatan ini sebagai langkah baik untuk pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Penggunaan perangkat media yang interaktif dengan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa menggunakan pendekatan yang menyenangkan, siswa lebih termotivasi dan mampu menguasai konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Hal ini tidak hanya menciptakan suasana belajar yang positif, tetapi juga mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Kami berharap inisiatif ini dapat terus dikembangkan untuk mendukung pendidikan yang lebih berkualitas dan menyenangkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun