Mohon tunggu...
KKN DONOWANGUN2
KKN DONOWANGUN2 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

halo teman-teman kami Kelompok 2 KKN Universitas Pekalongan Periode 2024/2025 yang bertugas di donowangun. Adapun anggota dari kelompok kami adalah Naufal Dzakwan, Nurul Indrawati, Arini Karima, Ari irianto, Nabila Rosada, Putri Maulidah, Shofiah Andriyani dan Naufal Hakim. Kami berasal dari berbagai daerah di Pekalongan dan dari berbagai jurusan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Guncang UMKM!! KKN Desa Donowangun 2 Melakukan Pelatihan Bouquet dan Hantaran Serta Sosialisasi Pemasaran Digital Untuk Memajukan UMKM

2 Januari 2025   23:40 Diperbarui: 2 Januari 2025   23:40 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan bouquet dan hantaran serta sosialisasi pentingnya digital marketing

Kegiatan Pelatihan Bouquet & Hantaran merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh ibu-ibu PKK Desa Donowangun. Pelatihan tersebut bertujuan membangun semangat kreativitas oleh ibu-ibu desa donowangun dan membuka peluang usaha. Pengisi acara pelatihan bouquet dan hantaran dilakukan oleh salah satu warga dari desa donowangun yang memiliki ketrampilan dan usaha dalam bidang tersebut. Kegiatan PKK biasa dilaksanakan selama 3 bulan sekali. Adapun program sosialisasi digital marketing merupakan program yang kami usung. Kami KKN tematik universitas pekalongan, kelompok 2 desa donowangun memanfaatkan audiens yaitu ibu-ibu PKK yang kebetulan memiliki kegiatan pelatihan bouquet & hantaran.

Sosialisasi digital marketing kami laksanakan dikarenakan banyaknya UMKM didesa donowangun khususnya dukuh donopukah yang belum memanfaatkan media digital. Berdasarkan wawancara dari warga sekitar, perhatian mengenai pemanfaatan digital sebagai media marketing masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh akses internet yang tidak memadai dan sebagian Masyarakat yang kurang menyadari akan pentingnya teknologi, sehingga sasaran konsumen sangat terbatas hanya disekitar warung-warung dekat rumah mereka. Oleh karena itu, kami berupaya memberikan edukasi mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi sebagai media promosi untuk menggaet konsumen yang lebih banyak serta tidak terbatas.

Ibu diah (36) selaku Ibu Carik menuturkan bahwa beliau sangat berterima kasih kepada mahasiswa kkn universitas pekalongan kelompok donowangun 2 karena telah membagikan ilmunya terhadap masyarakat desa donowangun. Terlebih Masyarakat desa masih banyak menggunakan pemasaran tradisional untuk memasarkan produk sehingga tertinggal jauh dari perkembangan pemasaran modern. Kami berharap dengan dilakukannya sosialisasi pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran di era sekarang, dapat membantu menyadarkan Masyarakat untuk belajar sehingga dapat membantu keberlangsungan usahanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun