Mohon tunggu...
KKN Desa Wonoayu 2021
KKN Desa Wonoayu 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Universitas Negeri Malang di Desa Wonoayu

Berisi berita mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Semester Antara 2020/2021 di Desa Wonoayu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UM Mengajarkan Strategi Pengembangan Bisnis

14 Juli 2021   14:21 Diperbarui: 14 Juli 2021   14:33 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 3. Produk Kain Shibori/dokpri

Sabtu tanggal 10 Juli 2021, mahasiswa KKN UM mensosialisasikan strategi pengembangan bisnis pada produk UMKM Kain Shibori milik Desa Wonoayu. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di kediaman Ibu Tutik selaku ketua PKK dan dihadiri perwakilan kader sejumlah 8 orang. Kegiatan ini merupakan upaya Mahasiswa KKN UM untuk mendorong pengembangan bisnis kain shibori yang telah dilakukan oleh kader PKK Desa Wonoayu yang bertempat di Kampung KB. Program ini memberikan pengetahuan kepada para kader terkait apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan pengembangan bisnis.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi terkait strategi dalam pengembangan bisnis kain shibori. Selanjutnya strategi ini diterapkan pada produksi kain. Dalam proses pelaksanaan kegiatan, diperoleh informasi bahwa para kader cukup mengetahui pentingnya pengembangan bisnis. Namun, kurang memahami langkah yang perlu dilakukan agar pengembangan bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Gambar 2. Sosialisasi Strategi Bisnis/dokpri
Gambar 2. Sosialisasi Strategi Bisnis/dokpri

Pada sosialisasi ini para kader diajarkan bagaimana menentukan target pasar, penentuan jalur distribusi, bagaimana cara menganalisis kompetitor, dan cara memanfaatkan kondisi teknologi. Dengan mengetahui target pasar akan dapat digunakan untuk menentukan pengembangan produk, seperti pengembangan motif ataupun inovasi bentuk produk. Selain itu proses pemasaran produk menjadi kunci penting dalam sebuah usaha. Upaya pengembangan produk dilakukan dengan memberikan pengetahuan terkait pengembangan motif produk dan diakhiri dengan memberikan pengetahuan terkait cara memanfaatkan teknologi sebagai media promosi produk. Teknologi dapat digunakan sebagai alat pembuatan katalog produk, media periklanan produk, serta pembuatan logo produk.

Gambar 3. Produk Kain Shibori/dokpri
Gambar 3. Produk Kain Shibori/dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun