Mohon tunggu...
KKN TIM II UNDIP CIKAMPEK
KKN TIM II UNDIP CIKAMPEK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Kami Merupakan tim KKN Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kecamatan Cikampek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi dan Pelatihan Berkaitan dengan Akuntansi

6 Agustus 2022   11:03 Diperbarui: 6 Agustus 2022   11:09 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cikampek (03/08/2022)

Pada tahun 2022, berdasarkan data yang diambil dari pemerintah desa Cikampek Pusaka sebanyak 5,69% atau 283 dari total 4974 penduduk Cikampek Pusaka memiliki mata pencaharian sebagai pedagang. Hal ini membuat cukup banyak pedagang dengan berbagai kategori dagangan di Cikampek Pusaka. Hal ini membuat saya tertarik untuk menelusuri dan mendalami berbagai aktivitas yang mereka lakukan dan masalah -- masalah apa yang mungkin mereka hadapi dalam berdagang.

Dari hasil penelusuran dan pendalaman yang saya lakukan kepada beberapa pedagang di Cikampek Pusaka, saya menemukan satu masalah yang hamper semua pedagang disana mengalaminya yaitu kesulitan dalam mengatur keuangan mereka. Hal ini disebabkan karena s sebagian besar pedagang di Cikampek Pusaka tidak menerapkan akuntansi dalam aktivitas perdagangannya. Hal ini yang melatarbelakangi saya untuk melakukan sosialisasi sekaligus pelatihan akuntansi terhadap beberapa pedagang di Cikampek Pusaka.

Harapan saya dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini akan membantu pedagang tersebut dalam mengatur keuangan di dalam dagangannya sehingga mereka dapat mencapai laba yang maksimal. Walaupun hanya beberapa yang saya sosialisasikan, saya berharap para pedagang yang mendapat sosialisasi dapat menularkan ilmu nya kepada para pedagang yang belum berkesempatan untuk mengikuti sosialisasi yang saya lakukan. Dari program kerja ini juga saya berharap dapat meningkatkan perekonomian dan kesehjateraan dari para pedagang yang berlokasi di Cikampek Pusaka.

Penulis: Nabil Tsaqif Fadhlurahman

DPL: Nissa Kusariana, SKM, M.Si 

Lokasi: Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun