Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak dikuasai oleh orang-orang. Berdasarkan Databoks (2021), terdapat 1,35 milyar orang yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu ataupun bahasa kedua. Banyaknya penutur Bahasa Inggris menjadikannya sebagai bahasa global yang dirasa perlu untuk dipahami dan dikuasai. Oleh karena itu, penguasaan Bahasa Inggris memiliki urgensi tersendiri untuk ditransmisikan dari satu pihak ke pihak lainnya.
KKN-BBK di Desa Jejel mengambil peranan sebagai transmiter yang mentransmisikan pengetahuan Bahasa Inggris kepada anak-anak di Desa Jejel. KKN-BBK di Desa Jejel yang beranggotakan sepuluh anggota menggagas sebuah kegiatan yang merangsang anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris diselingi dengan kegiatan bermain yang menyenangkan. Konsep ini dipilih untuk membuat suasana belajar yang mengasyikkan. Kegiatan tersebut diberi nama English Fun Tutor.
English Fun Tutor dilakukan setiap hari Jumat pada minggu pertama hingga minggu kedua. Pada minggu pertama, kegiatan dilangsungkan di Balai Desa. Kegiatan ini ditujukan untuk anak-anak yang berada di Kelompok Bermain---setara play group---TK A, dan TK B hingga SD. Materi yang diajarkan pada minggu pertama berkutat pada pengenalan identitas pribadi---semacam nama, umur, tempat tinggal, tempat sekolah, dan hobi---serta pengenalan angka dari angka satu hingga sepuluh dalam Bahasa Inggris.
Pada minggu kedua, materi yang diajarkan mulai dikembangkan. Peserta juga bertambah. Pada minggu kedua, terjadi pengelompokan antara peserta yang bisa membaca dan belum bisa membaca. Hal ini dilakukan agar materi yang diajarkan dapat dipahami dengan kemampuan masing-masing individu.Â
Pada kelompok peserta yang bisa membaca, mereka diajarkan untuk mengenal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. Para pengajar---anggota KKN-BBK Desa Jejel---telah menyiapkan beberapa print out nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. Para peserta diperintahkan untuk mengurutkan nama-nama hari tersebut sesuai dengan urutan semestinya.
Pada minggu ketiga, kegiatan English Fun Tutor diadakan di SD saat pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan bekerja sama dengan SDN 1 Jejel. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik yang ada di SDN 1 Jejel---dari kelas 1 hingga kelas 6. Terjadi penggabungan pada kelas 5 dan kelas 6 karena keterbatasan pengajar.
English Fun Tutor pada masa MPLS dilakukan dengan pemberian materi yang dikemas dalam sebuah permainan. Pada kelas 1 hingga kelas 3, para peserta didik mendapatkan tiga permainan yang meliputi Find the Color, Simon Says, dan Train Whsiper. Permainan dilakukan secara berkelompok agar timbul kerja sama di antara para anggotanya.
Find the Color merangsang peserta didik untuk mengenali dan mengingat warna-warna dalam Bahasa Inggris. Peserta didik akan diberikan beberapa kertas berwarna. Pengajar akan menginstruksikan sebuah warna, peserta didik harus memilih satu kertas berwarna sesuai yang disebutkan oleh pengajar.
Pada permainan kedua, yaitu Simon Says. Peserta didik dilatih kemampuannya untuk fokus pada perintah pengajar. Selain itu, para peserta didik juga diajari beberapa kosakata dalam Bahasa Inggris yang merujuk pada anggota tubuh seperti hidung, mata, dan telinga. Pada permainan ketiga, yaitu Train Whisper. Permainan ini melatih daya ingat para peserta didik dalam mengingat kosakata yang diberikan oleh pengajar yang kemudian ditransferkan kepada teman anggota kelompok lainnya.