Mohon tunggu...
BBK 4 UNAIR DUYUNG TRAWAS
BBK 4 UNAIR DUYUNG TRAWAS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR

Mahasiswa KKN BBK 4 UNAIR, Desa Duyung, Kecamatan Trawas

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Quemar sebagai Bentuk Inovasi Menggerakkan Para UMKM Desa Duyung Mengenal Promosi Online oleh Mahasiswa KKN BBK 4 Unair

27 Juli 2024   00:25 Diperbarui: 27 Juli 2024   00:38 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2024, Mahasiswa KKN BBK 4 Unair yang terjun di desa Duyung mengadakan kegiatan sosialisasi terkait kualitas produk dan pemasaran online. Materi sosialisasi ini diambil dari pertimbangan mahasiswa dalam menangani permasalahan pelaku usaha desa Duyung yang masih belum menggencarkan promosi online dan pemahaman yang kurang terkait kualitas produk. 

Sebelum pelaksanaan sosialisasi berlangsung, dua mahasiswa selaku penanggung jawab kegiatan sosialisasi ini telah menghadap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk menanyakan kekurangan dan harapan yang ingin dicapai desa atau belum terlaksana. Salah seorang pegawai Bumdes Duyung menyatakan kalau harapan besar desa ada di pengembangan promosi yang terbatas karena mayoritas pelaku usaha di sini masih terhambat di ranah promosi. 

Usaha yang berkembang di desa Duyung beragam macamnya, dari keripik samiler, jamur tiram, susu kambing etawa, telor ayam, kopi arabika, madu, dan lain sebagainya seputar produk hasil pertanian maupun peternakan. Mahasiswa KKN BBK 4 desa Duyung pun berhasil memberikan materi promosi online dan kualitas produk kepada para pelaku usaha di desa Duyung melalui kegiatan QUEMAR (Quality Enhancement and Online Marketing).

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Kegiatan ini berlangsung dengan antusias peserta di setiap sesi yang diberikan. Quemar berlangsung dengan tiga tahapan, yaitu sosialisasi kualitas produk, sosialisasi promosi online, dan praktek bersama membuat akun di salah satu e-commerce. Seorang Pelaku usaha yang baik hendaknya memiliki perencanaan kualitas produk yang baik pula. Tahapan dalam mengelola kualitas produk ialah perencanaan kualitas, mengatur barang/jasa yang berkualitas, pengarahan jalan usaha, dan pengendalian hasil usaha. 

Selain perencanaan terhadap kualitas produk, terdapat promosi online yang kini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menarik minat masyarakat informasi. Promosi online yang disampaikan pemateri kepada peserta ialah cara mengonlinekan produk melalui e-commerce dan media sosial. Kegiatan berlangsung dengan interaktif dan menarik.

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dari jam 3 sore hingga jam 5 sore. Salah seorang peserta pelaku usaha madu murni, memberikan umpan balik, “Saya ga tau cara promosi secara online, walau sudah tahu saya masih belum mau untuk mengonlinekan produk saya karena takut kalah saing”. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain yang dapat menjadi faktor pemicu tidak terlaksananya promosi online melalui e-commerce. 

Selain itu, seorang pelaku usaha keripik samiler menyatakan ketertarikannya ketika membahas kualitas produk dengan desain yang menarik lebih memungkinkan menarik peminat pembeli daripada yang tidak memiliki desain label. Serangkaian kegiatan berhasil terlaksana dengan baik dan diakhiri dengan praktik bersama sebagain penutupan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun