Mohon tunggu...
KKN MBKM UNEJ PERIODE II
KKN MBKM UNEJ PERIODE II Mohon Tunggu... Editor - UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK MBKM UMD UNEJ PERIODE II 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan UMKM Desa Arjasa dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha Diadakan oleh KKN MBKM UMD Periode II

12 Desember 2022   20:13 Diperbarui: 12 Desember 2022   20:54 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada hari Rabu, 16 November 2022 kami mahasiswa KKN MBKM UMD PERIODE II mengadakan pelatihan UMKM di Desa Arjasa. Kegiatan pelatihan tersebut di hadiri secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan kami yakni ibu Winda dan Bapak Yudi selaku pemateri. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan di akhiri pada pukul 12.00 WIB. kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM seperti UMKM lukis bakar, batik, kopi, tape, gorengan, keripik, aneka cemilan seperti basreng, molreng dan lain-lain.

artikel2-639732584addee0d4115fac2.jpg
artikel2-639732584addee0d4115fac2.jpg
Sebelum memulai pelatihan kita melakukan perkenalan antar masing-masing pelaku UMKM. Perkenalan tersebut dilakukan secara melingkar dan tiap orang harus mengupayakan untuk menghafal antar satu sama lain. Terdapat pelajaran yang di petik dari model perkenalan tersebut, yakni semakin banyak kita mengenal orang lain maka semakin luas relasi yang kita punya. Dengan relasi tersebut maka pemasaran produk akan lebih mudah terjual. Bapak Yudi dan Ibu Winda selaku pengisi materi memberikan pembelajaran mengenai hal-hal apa saja yang penting dimiliki oleh para pelaku usaha dan Bagaimana cara mempromosikan produk dengan baik melalui target yang di jangkau  agar sesui dengan usaha yang dimiliki oleh masing-masing pelaku UMKM.

artikel3-63973265ce8cab653e063562.jpg
artikel3-63973265ce8cab653e063562.jpg
Setelah sesi penyampaian materi berakhir maka dilanjutkan dengan sesi sharing antar pelaku UMKM. Dalam sesi sharing ini para pelaku UMKM diberikan kesempatan untuk menceritakan keluh kesah yang menghambat penjualan produk selama ini. Kebanyakan hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah masalah promosi dan jangkauan konsumen yang belum meluas. Penjualan produk masih dalam lingkup kecil dan hanya menjangkau beberapa kalangan saja. Dari permasalahan tersebut maka kita saling memberi masukan bahwa untuk meningkatkan penjualan produk harus di barengi dengan promosi, baik promosi tersebut dari sosial media maupun dari segi label produk tersebut.

            Memasuki agenda terakhir sebelum penutup kami menyampaikan program kerja kami selaku mahasiswa KKN selama 3,5 bulan di desa Arjasa. Para pelaku UMKM antusias mendengarkan dan memberikan respon positif terhadap program kerja yang kita jalankan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun