Mohon tunggu...
KKN 97 Banjaragung
KKN 97 Banjaragung Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN-T MBKM Kelompok 97 UPN "Veteran" Jawa Timur

Akun ini dibuat oleh anggota KKN Kelompok 97 UPNVJT yang berlokasi di Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) atas nama Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi Program Pengabdian Masyarakat bagi Masyarakat Desa Banjaragung

23 Juni 2022   15:00 Diperbarui: 23 Juni 2022   15:43 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Jombang, 23 Juni 2022

Pada hari Sabtu, tanggal 18 Juni 2022, Kelompok 97 Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si. Dan dengan Person In Charge (PIC) Eka Restu Justitian, Membantu kegiatan sosialisasi Program Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Dosen UPN "Veteran" Jawa Timur dengan anggota kelompok 97 KKNT MBKM yang menjadi kepanitiaan. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Dosen Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, yaitu ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si, ibu Dr. T. Ir. Dyah suci perwitasari, M.T, dan  ibu Roziana Febrianita, M.A.

Pembawa acara dalam sosialisasi ini yaitu Ratna Fransiska Anggraini dan dengan moderator M. Dimas Firmansyah. Kegiatan ini dihadiri oleh 16 peserta yang terdiri dari pelaku usaha mikro dan ibu- ibu PKK Desa Banjaragung, serta dihadiri oleh Bapak dan Ibu kepala Desa Banjaragung. Acara dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan (Ketua panitia, perwakilan dosen Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, dan sambutan Kepala Desa Banjaragung). Dilanjutkan dengan pembagian kuesioner sebelum penerimaan materi. Materi pertama tentang spesifikasi mesin spinner yang dijelaskan oleh ibu Dr. T. Ir. Dyah suci perwitasari.

Materi kedua tentang Pentingnya packaging atau kemasan yang dijelaskan oleh ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si. Pentingnya packaging atau kemasan, yakni pentingnya  memilih bahan baku kemasan, karena berpengaruh pada kualitas produk dan biaya pengiriman produk. Peran dari kemasan yaitu sebagai pelindung produk, wadah produk, dan media promosi produk. Untuk kemasan juga terdiri dari 3 jenis kemasan, yakni sebagai berikut :

  • Kemasan primer, merupakan kemasan yang kangsung bersentuhan dengan produk
  • Kemasan sekunder, merupakan kemasan pack packan berisi kemasan primer
  • Kemasan tersier, merupakan kemasan kardus yang berisi kemasan sekunder

Selain pentingnya packaging atau kemasan, ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si juga menyampaikan materi mengenai Branding atau merek. Branding merupakan nama, tanda, istilah untuk mengidentifikasi suatu produk. Setiap produk sangat penting dalam mengutamakan branding, hal ini disebabkan karena branding bertujuan untuk menarik perhatian konsumen serta memotivasi konsumen untuk membeli produk tersebut. Adapun karakteristik dari branding, yakni sebagai berikut :

  • Mudah diucapkan
  • Mudah dikenal dan diingat
  • Singkat, jelas dan unik
  • Dapat mendeskripsikan produk
  • Mengandung konotasi positif
  • Memperkuat citra produk

Dari adanya sosialisasi ini serta penyampaian materi dari beberapa narassumber, para peserta dapat mengetahui mengenai penggunaan spinner dan pembuatan keripik pisang dan tempe, mulai dari proses memasak, penirisan minyak menggunakan alat spinner, pengemasan produk hingga proses foto produk untuk menghasilkan foto produk yang lebih meenarik. Selain itu para peserta juga mengetahui pentingnya packaging dan pengaruhnya terhadap kualitas dan pengirimn produk serta mengetahui peentingnya branding yang berfungsi sebagai media identifikasi produk yang bertujuan untuk memotovasi konsumen untuk membeli ataupun meyakinkan konssumen untuk melakukan pembelian ulang yang diimbangi dengan strategi pemasaran dan komunikasi bisnis.

DPL :  Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

PIC  :  Eka Restu Justitian

Penulis : Intan Novitasari (19024010007) dan Ratna Fransiska Anggreini (19012010030)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun