Branding dan Packaging merupakan salah satu komponen utama dan penting dalam sebuah produk dan (atau) usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas melalui sebuah identitas yang dibuat dengan memuat berbagai informasi yang saling berkaitan terhadap sebuah produk dan (atau) usaha yang mewakili. Selain manajemen pemasaran, pengelolaan hasil dagang yang baik dan tepat, Branding dan Packaging juga turut serta menjadi bahan evaluasi atas keberhasilan sebuah produk yang telah dipasarkan, sehingga memunculkan berbagai ide, inovasi, dan kreasi untuk kedepannya.
Khoirul selaku pelaku UMKM Keripik Pisang “Putra Putri” telah mempunyai identitas dan (atau) ciri khas sebagai bukti autentik atas hak mutlak produsen UMKM Keripik Pisang tersebut. Khoirul memberikan pengakuan akan produk Keripik Pisangnya terus mengalami peningkatan permintaan, sehingga Khoirul membutuhkan sebuah pembaharuan Branding dengan tujuan pembeli lebih mudah mengingat akan kualitas dan citarasa keripik pisang yang enak, lezat, gurih, dan ringan dimulut ialah keripik pisang produksi UMKM Keripik Pisang “Putra Putri”
Berdasarkan hasil pengamatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) di Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang terhadap produk UMKM Keripik Pisang “Putra Putri” milik Khoirul Bakri, memberikan bantuan konstribusi nyata dalam program kerja Peningkatan Mobilitas Pengolahan Hasil Bumi dan Upgrade Branding Packaging UMKM melalui Pemberdayaan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat Desa Tegalsari Kepanjen Malang Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) melalui Upgrading dan (atau) pembaharuan Branding dan Packaging dengan detail Branding sebagai berikut.
2. Logo Kuliah Kerja Nyata Unversitas Negeri Malang (KKN UM) Desa Tegalsari Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang 2021 mempresentasikan secara tidak langsung sebagai bentuk konstribusi dan luaran nyata dari Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unversitas Negeri Malang (KKN UM) di Desa Tegalsari Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang 2021 dalam program kerja Peningkatan Mobilitas Pengolahan Hasil Bumi dan Upgrade Branding Packaging UMKM melalui Pemberdayaan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat Desa Tegalsari Kepanjen Malang melalui pembaharuan branding dan identitas UMKM Keripik Pisang “Putra Putri”, serta sebagai jasa dan peniggalan kenangan tidak langsung akan peran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unversitas Negeri Malang (KKN UM) di Desa Tegalsari Kepanjen Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang sebagai partisipan Upgrade Branding Packaging UMKM masyarakat Desa Tegalsari Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.
3. Nama Detail “Keripik Pisang” digunakan sebagi wujud representasi dari produk Keripik Pisang “Putra Putri” yang dibuat dan diolah langsung dari bahan baku pisang.
4. Gambar dua buah pisang dengan setiap detail pisang bergambar paras wajah anak lakilaki dan bergambar paras wajah anak perempuan mempresentasikan sebuah gambaran dan perwakilan dari Branding awal Keripik Pisang milik Khoirul Bakri dengan nama “Putra Putri”, sekaligus sebagai wujud implementatif Branding UMKM Keripik Pisang milik Khoirul Bakri ialah sebuah produk camilan yang terbuat dari pisang melalui identitas dan Packaging.
5. Tulisan “Oleh-oleh khas Malang” mempresentasikan produk Keripik Pisang “Putra Putri” yang diproduksi oleh Khoirul Bakri selaku pelaku UMKM Keripik Pisang merupakan camilan keripik pisang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Malang.
6. Informasi kontak Narahubung mempresentasikan media komunikasi antara kustomer dengan produsen dalam aktivitas jual beli Keripik Pisang “Putra Putri” UMKM Keripik Pisang. Adapun informasi kontak narahubung dicantumkan dalam Branding dengan tujuan menjaga elektibilitas dan komunikasi antara kustomer dengan produsen sehingga hubungan bisnis diantara kedua belah pihak terjalin dengan baik dan komunikatif.
7. Informasi tambahan “Tegalsari Kepanjen Malang” mempresentasikan lokasi produksi Keripik Pisang milik Khoirul Bakri sebagai pelaku UMKM Keripik Pisang “Putra Putri”.