UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang telah berdiri, yaitu usaha keripik singkong, jemblem, tempe, kerupuk, ladrang, dll. Akan tetapi, di era teknologi ini, para pelaku UMKM masih memasarkan produknya secara offline, berdasarkan permintaan, maupun pesanan.
Desa Sumber Kalong merupakan desa dengan mayoritas warganya bekerja sebagai petani dan pedagang. BeberapaOleh karena itu, pada hari Jum’at, 21 Juli 2023 Mahasiswa KKN UMD Kelompok 77 bekerja sama dengan kepala desa Sumber Kalong dan seluruh kepala dusun untuk mengadakan kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Kualitas UMKM Desa melalui Digitalisasi Produk.” Sosialisasi ini membantu memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM mengenai e-commerce, Strategi Marketing, dan Pengelolaan Keuangan.
Sosialisasi diadakan pada siang hari di Balai Desa Sumber Kalong, Kec. Wonosari, Kab. Bondowoso, dan mengundang 15 warga desa yang memiliki UMKM.
Tidak hanya memberikan sosialisasi, mahasiswa KKN UMD Kelompok 77 juga membantu mendaftarkan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan SIUP (Surat Izin Usaha Perusahaan) untuk kemudahan dan kelancaran akses para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya mengelola keuangan, strategi marketing, dan pemanfaatan e-commerce sehingga produk UMKM Desa Sumber Kalong dapat dipasarkan lebih luas ke seluruh indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H