Mohon tunggu...
Kkn 261 Sumber Petung
Kkn 261 Sumber Petung Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Jember

Kumpulan artikel berita kegiatan kelompok 261 KKN Universitas Jember 2024

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN 261 UNEJ Lakukan Sosialisasi Pengelolaan dan Branding Produk Kopi Guna Meningkatkan Perekonomian Warga di Desa Sumberpetung

1 Agustus 2024   11:38 Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:57 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lumajang, 27 Juli 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) kelompok 261 mengadakan sosialisasi terkait manajemen pengelolaan dan branding produk kopi dengan tema “Peningkatan Rantai Industri dan Mutu Akses Terhadap Pasar Kopi Pinang (PRIMATA)”. Rangkaian acara berlangsung pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 yang bertempat di Balai Desa Sumberpetung dengan melibatkan perwakilan warga dari tiap RT meliputi 3 dusun yakni Berca, Krajan, dan Gunung cilik serta perangkat desa.

Kegiatan dilakukan bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan terkait pengelolaan dan penanganan pascapanen kopi yang tepat dan branding produk untuk meningkatkan nilai ekonomi produk kopi pinang lokal khas Sumberpetung yang akan dikembangkan. Pengembangan produk Kopinang (kopi pinang) menjadi salah satu upaya pemanfaatan melimpahnya sumber daya alam yang terdapat di desa Sumberpetung.

Pemaparan materi terkait manajemen pengelolaan kopi disampaikan oleh bapak Adi yang dikenal sebagai penggiat dunia perkopian di wilayah sekitar desa Sumberpetung sekaligus pemilik usaha produk kopi bubuk Lembah Lemongan. Pemaparan materi peningkatan nilai ekonomi dan branding produk kopi disampaikan oleh ibu Asmak Afriliana, S.TP., M.P., P.hD. yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang expert pada bidang pengolahan kopi.

Kegiatan sosialisasi juga dilakukan dengan rangkaian uji organoleptik produk kopi pinang (Kopinang) khas desa Sumberpetung dengan mekanisme masing-masing peserta sosialisasi mendapatkan tiga sampel kopi pinang dengan formulasi yang berbeda, selanjutnya peserta akan diminta untuk menilai rasa serta aroma produk berdasarkan tingkat kesukaan untuk mendapatkan tingkat penerimaan produk Kopinang oleh konsumen.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Bapak Imam Syafi’i selaku sekretaris desa mengungkapkan “Dengan adanya sosialisasi manajemen pengelolaan dan branding kopi sangat membantu terutama untuk warga desa yang berprofesi sebagai petani kopi, mayoritas warga desa hanya menjual kopi mentah yang memiliki harga jual rendah, harapannya wawasan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi bagi warga agar lebih memperhatikan terkait pentingnya pengolahan serta branding yang tepat sehingga dapat meningkatkan nilai tambah produk agar jangkauan pasar lebih luas”.

Mahasiswa KKN kelompok 261 berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang dapat diterapkan bagi warga desa. Serangkaian kegiatan ini dilakukan atas dasar inisiatif kelompok KKN yang telah disepakati oleh perangkat desa, yang menjadi bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan desa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun