Mohon tunggu...
KKN 23 Desa Bagon
KKN 23 Desa Bagon Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Jember

Topik konten yang akan diupload pada website ini akan menitikberatkan pada pemaksimalan perguruan tinggi dalam mewujudkan SGDs Desa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Partisipasi Mahasiswa KKN dalam Kegiatan Desa dan Realisasi Program Kerja UMKM

20 Agustus 2023   17:40 Diperbarui: 20 Agustus 2023   19:32 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada minggu ke-4 ini, KKN Kolaboratif Kelompok 023 Desa Bagon menghabiskan waktu selama satu minggu ini untuk berpartisipasi dalam kegiatan desa dan program kerja UMKM. KKN Kolaboratif Kelompok 023 juga ikut memeriahkan kegiatan / lomba desa dalam rangka memperingati HUT RI Ke-78 dan membantu perangkat desa selaku panitia lomba dengan menjadi juri dan talent pada kegiatan tersebut. Terdapat dua kegiatan desa yang dilakukan pada minggu ke 4 KKN ini, yaitu Lomba Menyanyi tingkat SD / MI dan Bagon Fashion Carnaval (BFC).

Sebelum pelaksanaan tentunya kami juga melakukan diskusi dengan panitia untuk membahas mengenai mekanisme serta teknis acara, kemudian kami juga berdiskusi untuk menentukan kriteria penilaian dan keperluan lain mengenai kegiatan itu. Pada hari acara lomba terselenggara, setiap peserta lomba menyanyi memiliki keunikan suaranya tersendiri, mereka juga menyanyi dengan semangat yang tinggi, sehingga acara dapat terselenggara dengan baik. 

Lalu pada Bagon Fashion Carnaval (BFC) para peserta juga menunjukkan kreativitas mereka baik itu dari busana ataupun dari pertunjukkan seni yang mereka tampilkan. Masyarakat pun antusias dalam mengikuti acara BFC dikarenakan pertunjukkan yang disajikan setiap peserta menarik dan meriah serta spektakuler. Oleh karena itu, dengan adanya hal tersebut dapat menjadi bukti bahwa Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 023 berhasil membantu kegiatan / lomba di Desa Bagon dengan sukses. 

Di sela - sela berpartisipasi mengikuti kegiatan desa, kami melanjutkan program kerja UMKM mengenai pengimplementasian Digital Marketing pada UMKM ke-2, yaitu Tas Rajut. UMKM Tas Rajut sendiri bernama ‘Bag-on Craft’ berlokasi di Dusun Kedung Sumur yang dikelola dan dimiliki oleh seorang warga bernama Ibu Saidah yang sejatinya adalah seorang guru.

Di mulai dari sekedar hobi dalam merajut, Ibu Saidah pun akhirnya memulai usaha tas rajut ini secara mandiri. Dalam menjalankan usahanya, Ibu Saidah mengalami kesulitan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya melakukan pemasaran secara online. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 023 membantu UMKM untuk meningkatkan usahanya melalui Digital Marketing dan Branding.

Jumat (11/08/23) Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 023 mengadakan kegiatan Pelatihan mengenai Digital Marketing dan Digital Branding pada UMKM Tas Rajut ‘Bag on Craft’. Kegiatan ini berguna agar pelaku UMKM dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai dunia digital, sehingga mereka dapat merealisasikan pemasaran produk secara lebih luas melalui digital marketing dan digital branding. Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 023 memberikan pelatihan atau tutorial dalam membuat dan mengelola akun toko E-Commerce Shopee, akun bisnis Instagram, dan akun bisnis WhatsaApp. 

Selain itu, dilakukan juga kegiatan foto produk yang dikemas secara menarik agar dapat memikat konsumen. Diberikan juga pelatihan mengenai pemasaran dengan promosi iklan pencarian di Shopee sehingga produk dapat dikenal masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas. Setelah dilakukannya pelatihan terhadap UMKM, Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 023 juga belajar merajut bersama Ibu Saidah. Ibu Saidah melatih mahasiswa untuk membuat salah satu produk di UMKM nya, yakni tas wadah HP. 

Kegiatan Pelatihan mengenai Digital Marketing dan Digital Branding pada UMKM Tas Rajut ‘Bag on Craft’ berjalan dengan baik, meskipun dalam prosesnya terdapat banyak kendala. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, Owner pada UMKM dapat lebih memahami dunia digital marketing dan digital branding, serta dapat meningkatkan jangkauan pasar dari produk UMKM Tas Rajut ‘Bag On Craft’.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun