Mahasiswa KKN Kolaboratif 224 Kelurahan Mangli memiliki inovasi untuk menyusun program kerja CALISTUNG ke sekolah dasar yang ada di Kelurahan Mangli. CALISTUNG diambil dari kata baca, tulis, dan hitung. Sekolah sasaran kelompok KKN yaitu SDN Mangli 1 dan SDN Mangli 4. Sebelum terjun ke sekolah dasar perwakilan dari kelompok melakukan konfirmasi dan menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk menjalankan program ini. Sekolah memberi kami kesempatan dan sangat terbuka untuk mahasiswa bisa menjalankan program kerja CALISTUNG. Tujuan dari program CALISTUNG sendiri yaitu untuk meningkatkan kemampuan dasar siswa dalam hal membaca, menulis, dan menghitung. Mahasiswa KKN menyusun program ini dengan mengadakan pembelajaran yang menarik berupa game merangkai huruf dan media papan pintar perkalian.
Program game susun kata yang dibuat yaitu tulisan huruf A sampai Z dan beberapa tambahan huruf vokal dari potongan kertas buffalo. Pada game susun kata ini dibentuk kelompok yang beranggotakan 5 sampai 10 siswa. Satu kelompok diberikan satu kata yang harus dicari. Setiap siswa mencari satu huruf kemudian di susun menjadi kata yang benar. Dalam game ini antar kelompok berlomba-lomba untuk menyelesaikan kata yang diberikan agar menang dan mendapatkan hadiah. Game susun kata ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membaca para siswa yang masih kurang. Pelaksanaan program kerja CALISTUNG dimulai dari SDN Mangli 1 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Juli 2023 dan kemudian dilanjutkan di SDN Mangli 4 pada hari Rabu tanggal 9 Juli 2023.
Media pembelajaran CALISTUNG bernama papan pintar perkalian dimana media tersebut nantinya digunakan siswa untuk lebih mudah menyukai dan mempelajari perkalian. Papan pintar kami buat dari kertas ariston yang kemudian diberi gelas plastik bekas yang bertuliskan angka 1-10. Gelas plastik bekas ini nantinya berfungsi untuk menjadi alat untuk meletakkan sedotan sejumlah dengan perkalian yang diberikan. Misalnya 3 x 2 nantinya siswa menaruh 3 sedotan kedalam 2 gelas plastik kemudian nantinya siswa bisa menjumlahkan hasil perkalian tersebut dengan cara menghitung jumlah sedotan yang dimasukkan ke dalam 2 gelas plastik. Siswa diarahkan untuk bergiliran mengerjakan soal yang telah diberikan dan terlihat siswa sangat senang ketika menghitung menggunakan media papan pintar perkalian.
“Saya senang atas kedatangan mahasiswa KKN di sekolah ini, antusias anak-anak saya lihat sangat tinggi ketika bertemu dan belajar bersama kakak-kakak KKN.” Ucap kepala sekolah SDN Mangli 1. Kegiatan pembelajaran dengan metode beramain dinilai lebih efektif untuk mengikat antusias peserta didik di tingkat sekolah dasar. Peserta CALISTUNG juga semakin antusias karena adanya hadiah yang diberikan oleh mahasiswa sebagai bentuk apresiasi kepada peserta. Di akhir kegiatan ini, pihak mahasiswa KKN memberikan media CALISTUNG kepada pihak sekolah. “Kami selaku pihak sekolah sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah memberikan pembelajaran menarik untuk siswa-siswa di sekolah ini, semoga apa yang sudah diajarkan bisa membuat siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.” Ucap kepala sekolah SDN Mangli 4.
Nama Penulis (KKN 224 Mangli)
Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Jember
Anindya Dewangsya Aryamurti Universitas Jember
Yuli Saptiningtiyas Universitas Jember