Mohon tunggu...
KKN 21UNISA
KKN 21UNISA Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN 21 Logandeng UNISA Yogyakarta

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Kerja KKN Kelompok 21 UNISA Yogyakarta TA.2024/2025 di Padukuhan Siyono Tengah, Logandeng

8 September 2024   22:15 Diperbarui: 8 September 2024   22:19 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Senam bersama warga Siyono Tengah (dokpri) 

Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Spiritual melalui Kegiatan Mengaji dalam Program KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang penting bagi mahasiswa. Salah satu kegiatan yang bisa memberikan dampak positif yang signifikan adalah program mengaji. Artikel ini akan membahas bagaimana kegiatan mengaji dalam program KKN dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan spiritual di masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun sosial. Salah satu kegiatan yang dapat diintegrasikan dalam program KKN adalah mengaji, atau belajar membaca Al-Qur'an. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat dalam aspek spiritual, tetapi juga dapat mendukung pengembangan keterampilan literasi dan pemahaman agama.


Mengapa mengaji penting dalam KKN?
1.Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama: Banyak masyarakat di daerah terpencil atau kurang beruntung tidak memiliki akses yang memadai untuk pendidikan agama. Program mengaji dalam KKN dapat mengisi kekurangan ini dengan memberikan pelajaran Al-Qur'an dan pemahaman agama yang mendalam.
2.Peningkatan Keterampilan Spiritual dan Sosial: Mengaji juga membantu dalam meningkatkan keterampilan spiritual dan sosial. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat pemahaman agama tetapi juga mempromosikan nilai-nilai seperti disiplin, kesabaran, dan kerjasama.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan mengaji TPA di Pedukuhan Siyono Tengah, Logandeng. Dilakukan di 3 musholla dan salah satu musholla terletak di RT 39 berdekatan dengan Posko KKN Kelompok 21. Kegiatan TPA ini dilakukan dalam 1 minggu sekali tepat pada sabtu sore. Ada 2 ustadzah yang mengajar TPA tersebut, yang merupakan warga Siyono Tengah. TPA ini dilakukan dari Ba'da Ashar atau dari jam 15.30 -- 17.00 WIB.Tidak hanya mengaji saja, anak- anak TPA ini pun di bantu meroja'ah hafalan surah pendek dan juga Do'a-do'a dalam seharinya. Dari 12 anak yang mengaji di TPA tersebut baru 2 yang sudah mengaji Al-qur'an sedangkan yang lain masih menggunakan Iqro jilid 1-4. Anak anak TPA tersebut berkisar dari usia 4-12 tahun.
Manfaat Kegiatan Mengaji bagi Anak-anak dan Mahasiswa
a. Bagi anak-anak
*Peningkatan Kualitas Spiritual: Masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang ajaran agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
*Pendidikan yang Lebih Baik: Anak-anak dan dewasa mendapatkan akses yang lebih baik ke pendidikan agama, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
*Penguatan Komunitas: Kegiatan mengaji dapat mempererat hubungan antaranggota komunitas dan mempromosikan nilai-nilai kebersamaan.
b. Bagi Mahasiswa
*Pengalaman Berharga: Mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar dan berinteraksi dengan masyarakat, yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan mereka.
*Peningkatan Pemahaman Agama: Mahasiswa juga dapat memperdalam pemahaman mereka tentang agama dan bagaimana menerapkan ajaran agama dalam konteks sosial.
*Pembangunan Karakter: Kegiatan ini membantu mahasiswa membangun karakter yang lebih kuat melalui pengabdian dan tanggung jawab sosial.
4. Tantangan dan Solusi dalam Pelaksanaan Kegiatan Mengaji
a. Tantangan:
*Keterbatasan Waktu: Jadwal yang padat dalam program KKN bisa menjadi tantangan. Mahasiswa perlu mengatur waktu dengan bijaksana untuk menyertakan kegiatan mengaji tanpa mengorbankan tugas lain.
*Beragamnya Tingkat Kemampuan: Menghadapi peserta dengan berbagai tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an dapat memerlukan pendekatan yang berbeda.
b. Solusi:
*Perencanaan yang Matang: Membuat jadwal  fleksibel serta menyusun strategi untuk mengatasi berbagai tingkat kemampuan peserta.
*Kolaborasi dengan Tokoh Lokal: Bekerja sama dengan tokoh agama atau pengajar lokal untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan.

Menonton kisah nabi/rosul (dokpri) 
Menonton kisah nabi/rosul (dokpri) 

Foto Bersama dengan TPA Siyono Tengah, RT 39 (dokpri) 
Foto Bersama dengan TPA Siyono Tengah, RT 39 (dokpri) 

Aspek pendidikan, seni budaya, dan teknologi informasi

Sosialisasai PHBS (dokpri) 
Sosialisasai PHBS (dokpri) 

a. Penyuluhan PHBS di TK ABA Siyono Tengah
 Metode pelaksanaan kegiatan Sosialisasi PHBS kepada siswa/I TK ABA Siyono Tengah Pemasangan poster PHBS Belajar sambil bermain, Sasaran : Siswa siswi TK ABA Siyono 1 . SDM (Jika bekerjasama dengan institusi terkait dg program) : Seluruh anggota KKN bekerjasama dengan struktur organisasi sekolah. Hasil pelaksanaan kegiatan : pelaksanaan penyuluhan berjalan dengan lancar. Hal ini tampak dari partisipasi siswa siswi TK ABA Siyono 1 dan berperan aktif selama proses penyuluhan berlangsung. Pengetahuan siswa siswi semakin meningkat mengenai PHBS hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon para siswa siswi TK ABA Siyono 1.

b. Aspek kesehatan, lingkungan hidup, dan kebencanaan
Cek Kesehatan (tekanan darah tinggi dan gula darah) Metode pelaksanaan kegiatan Pengisian data diri Pengukuran vital sign Pengecekan GCU Pemberian edukasi Screening untuk yang membutuhkan. Sasaran : ibu-ibu KWT Mawar , SDM (jika bekerjasama dengan institusi terkait dg program) : ibu-ibu  KWT Mawar. Hasil pelaksanaan kegiatan : pelaksanaan penyuluhan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tampak dari partisipasi ibu-ibu KWT untuk memperhatikan dan mengikuti cek kesehatan selama proses penyuluhan berlangsung. Sehingga ibu-ibu lebih peduli terhadap kesehatan mereka karena sudah mengetahui hasil cek kesehatan. Pengetahuan dan wawasan ibu-ibu KWT semakin meningkat mengenai  hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon ibu-ibu KWT.

Pemeriksaan kesehatan dengan KWT Mawar (dokpri) 
Pemeriksaan kesehatan dengan KWT Mawar (dokpri) 
c. Penyluhan K3 Ergonomi kepada kelompok Wanita tani
Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi penyuluhan K3 kepada KWT dengan berupa edukasi mengeaai dampak K3 ergonomi. Sasaran seluruh KWT, Hasil pelaksaan kegiatan berjalan lancar dilihat dari antusias anggota KWT. 


d. Senam

Senam bersama warga Siyono Tengah (dokpri) 
Senam bersama warga Siyono Tengah (dokpri) 
Metode pelaksanaan kegiatan sosialisasi perkenalan,pendekatan dan penjelasan manfaat senam sehat. Sasaran seluruh warga padukuhan Siyono Tengah Hasil pelaksaan kegiatan berjalan lancar dilihat dari antusias seluruh warga Siyono Tengah.Tampak dari seluruh warga Siyono Tengah ikut berpartisipasi dari pagi hingga acara selesai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun