Mohon tunggu...
KKN 219UNEJ
KKN 219UNEJ Mohon Tunggu... Lainnya - Kelompok KKN 219 Universitas Jember

Kami adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 219 Universitas Jember siap mengabdi untuk desa. Anggota Kelompok : 1. Dzakwan Ma'ruf 2. Edzy 3. Nadya Putri Liani Musarofah 4. Izatil Hidayah Sajidah 5. Aprilia Wahyu Isdianto 6. Intan Khusnul Khotimah 7. Alfina Khairani 8. Sallery Nuril Karunia 9. Linda Tri Hapsari

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Learn English with Us: KKN 219 Gunakan Metode Pembelajaran Interaktif Edukatif yang menggugah Antusias Siswa SDN Dawuan 2

19 Agustus 2024   22:21 Diperbarui: 19 Agustus 2024   23:18 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pertemuan Pertama Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertemakan "Food and Drinks" di Kelas 3 SDN Dawuan 2/dokpri

Situbondo, 08 Agustus 2024 -  Kelompok KKN 219 Universitas Jember telah melaksanakan pembelajaran interaktif edukatif pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 3 SDN Dawuan 2. Sekolah ini berlokasi di Desa Dawuan, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo. Dalam 2 kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama pada hari Kamis, 01 Agustus 2024 dan pertemuan kedua pada hari Kamis, 08 Agustus 2024 berjalan dengan lancar dan antusias.

Pada pertemuan pertama (01/08/2024), pembelajaran yang telah disiapkan oleh KKN 219 Universitas Jember bertemakan "Food and Drinks" yang mana  menyesuaikan kurikulum sekolah dengan LKS sebagai alat pembelajarannya. Tak lupa, dalam kegiatan pembelajaran ini, dilakukannya beberapa permainan edukatif seperti Pronouncing Things with Alphabetical Orders. Pada metode ini siswa diajak untuk menyebutkan nama - nama makanan dan minuman sesuai dengan urutan alfabet.

 Metode selanjutnya adalah Fill in the Blanks dimana siswa harus melengkapi kalimat yang kosong dengan kata yang berkaitan dengan makanan atau minuman yang sesuai dengan gambar yang telah ditampilkan, Match the Food and Drinks with the Right Words adalah metode mencocokkan gambar makanan atau minuman dengan tepat. Selain metode - metode pembelajaran yang mudah dipahami, Kelompok KKN 219 juga mengajak siswa - siswi SDN Dawuan 2  bernyanyi lagu "If You're Happy and You Know It Clap Your Hands" untuk semakin menggugah semangat mereka dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama lagu.

Selama kegiatan berlangsung, siswa kelas 3 SDN Dawuan 2 menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi dengan respon mereka yang positif. Para siswa sangat bersemangat dan aktif dalam setiap permainan edukatif yang dilakukan. Mereka tampak menikmati setiap aktivitas dan tampak gembira serta terlibat penuh dalam setiap permainan.

Febri, salah satu siswa Kelas 3 SDN Dawuan 2 ketika ditanyai mengenai pendapatnya terkait lagu yang dinyanyikan di kelas (lagu berjudul If You're Happy and You Know It Clap Your Hands) ia menyatakan, "saya belum pernah mendengar dan mempelajari lagu ini kak". Febri juga berpendapat mengenai program mengajar yang kelompok KKN 219 lakukan di kelasnya yang ia sebut seru dan menginginkan program ini untuk dilaksanakan kembali. 

Pertemuan Kedua Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertemakan
Pertemuan Kedua Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris bertemakan "Like and Dislike" di Kelas 3 SDN Dawuan 2/dokpri

Pada pertemuan kedua (08/08/2024), Kelompok KKN 219 Universitas Jember melaksanakan pembelajaran interaktif edukatif pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas 3 SDN Dawuan 2 dengan tema "Like and Dislike". Kelompok KKN 219 Universitas Jember mengajarkan tentang perbedaan penggunaan "like" dan "likes" sesuai dengan Personal Pronouns melalui permainan edukatif Fill in the Blanks. Pada metode ini siswa diarahkan untuk melengkapi kalimat yang kosong dengan "like" / "likes" sesuai personal pronouns.

Pada pertemuan kedua ini, para siswa kelas 3 SDN Dawuan 2 juga tetap antusias, aktif, dan memberikan respon positif dengan adanya pembelajaran interaktif edukatif dari Kelompok KKN 219 Universitas Jember ini. 

Selain siswa, para guru di SDN Dawuan 2 juga memberikan reaksi yang sangat positif terhadap metode pengajaran yang diterapkan. Mereka mengapresiasi pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, yang dianggap efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. 

Kegiatan pengajaran Bahasa Inggris melalui permainan edukatif berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan antusiasme tinggi dari siswa dan dukungan positif dari para guru, diharapkan metode ini dapat terus diterapkan dan dikembangkan untuk pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun