Mohon tunggu...
KKN216.Kolaboratif
KKN216.Kolaboratif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kolaborasi 6 Perguruan Tinggi : UNEJ, ITS Mandala, UDS, UIN Khas Jember, UIJ, UNIPAR

Kami Kelompok 216 KKN Kolaboratif dengan 6 perguruan tinggi di Desa Dawuhan Mangli, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Kolaboratif #3 2024 (Ruang Literasi SDN Dawuhan Mangli 1 - Mewujudkan Generasi Cerdas Melalui Literasi))

26 Agustus 2024   22:21 Diperbarui: 26 Agustus 2024   22:22 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Jember
UIN KHAS Jember
Universitas Islam Jember
Institut Teknologi dan Sains Mandala
Universitas PGRI Argopuro Jember
Universitas Dr. Soebandi

Sukowono -- Jum'at, 23 Agustus 2024, Kami Mahasiswa dari KKN Kolaboratif 216 melaksanakan salah satu program kerja kami yakni "RUANG LITERASI DI SD NEGERI DAWUHAN MANGLI 1: MEWUJUDKAN GENERASI CERDAS MELALUI LITERASI" yang berada di Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember.


Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi saat ini, keterampilan literasi menjadi semakin krusial bagi anak-anak untuk memahami dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar mereka. Di SD Negeri Dawuhan Mangli 1, program kerja "Ruang Literasi" dihadirkan sebagai salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan keterampilan literasi siswa. Artikel ini akan mengulas tujuan, kegiatan, dan dampak dari program kerja tersebut di sekolah ini.

  • Tujuan Program Kerja "Ruang Literasi"

            Program kerja "Ruang Literasi" di SD Negeri Dawuhan Mangli 1 bertujuan untuk:

           1. Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Siswa
               Program ini berfokus pada peningkatan minat baca dan menulis siswa dengan menyediakan berbagai bahan bacaan yang                           menarik dan relevan dengan usia mereka. Diharapkan dengan adanya akses yang mudah dan menyenangkan terhadap buku,                     siswa dapat mengembangkan kecintaan mereka terhadap literasi sejak dini.

         2. Mendorong Keterampilan Literasi yang Komprehensif
             Melalui kegiatan yang dirancang khusus, siswa akan mendapatkan keterampilan literasi yang lebih mendalam, termasuk                           kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Ini penting untuk membentuk dasar pendidikan yang kuat dan               kemampuan komunikasi yang efektif.

        3. Membangun Budaya Literasi di Lingkungan Sekolah
            Program ini bertujuan untuk menciptakan budaya literasi yang positif di lingkungan sekolah dengan melibatkan seluruh civitas              akademika siswa, guru, dan orang tua dalam kegiatan literasi yang berkelanjutan.

  • Kegiatan Utama dalam Program "Ruang Literasi

          1. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Ruang literasi di SD Negeri Dawuhan Mangli 1 mencakup pengembangan dan                                       pemeliharaan perpustakaan sekolah. Perpustakaan ini dilengkapi dengan koleksi buku yang bervariasi, mulai dari buku cerita                  anak, sejarah, hingga buku referensi untuk mendukung pembelajaran di kelas.

         2. Klub Buku dan Diskusi Literasi Sekolah mengadakan klub buku dan sesi diskusi literasi, di mana siswa dapat membaca buku                       bersama dan berdiskusi tentang tema-tema yang mereka baca. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara,                   mendengarkan, dan berpikir kritis siswa.

         3. Program Baca 15 Menit Sehari Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kebiasaan membaca, sekolah menerapkan program                      baca 15 menit sehari. Selama waktu ini, siswa diminta untuk membaca buku secara individu atau dalam kelompok kecil sebagai                bagian dari rutinitas harian mereka.

  • Dampak dari Program "Ruang Literasi"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun