Mohon tunggu...
KKN 175 UNEJ 2024
KKN 175 UNEJ 2024 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik 175 UNEJ 2024

SPESIAL: Strategi Peningkatan Eksistensi Pantai Bletok Berbasis Media Sosial - Tema Desa Wisata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Branding Media Sosial Pantai Bletok Menggunakan Platform TikTok dan Instagram untuk Mengenalkan Pantai Bletok pada Lingkup yang Lebih Luas

14 Agustus 2024   11:06 Diperbarui: 14 Agustus 2024   11:09 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instagram Pantai Bletok

Situbondo, 12 Agustus 2024 -  Mahasiswa KKN UNEJ membangun desa (UMD) Periode II kelompok 175 yang berlokasi di Besa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo melihat adanya peluang untuk mempromosikan Pantai Bletok dan hal hal yang berpotensi lainnya melalui internet. 

Pantai Bletok merupakan pantai yang terdapat di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Pantai ini dulunya hanyalah pantai biasa yang kurang dilirik untuk dikunjungi, padahal letaknya yang cukup strategis yaitu di jalur pantura yang mana banyak berlalu-lalang kendaraan. Potensi pantai Bletok terus digali dan ditingkatkan oleh pemerintah sekitar khususnya pemerintah desa Bletok yang berambisi untuk menjadikan pantai ini menjadi tempat wisata yang suatu saat nanti akan menjadi tempat wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan. 

Kurang diminatinya pantai bletok sebagai objek wisata di wilayah Situbondo, Jawa Timur tak terlepas dari kurangnya informasi mengenai pantai ini di internet terkhusus di sosial media seperti Instagram dan Tik-Tok yang belakangan ini sudah tidak asing dimasyarakat.

Dalam menyikapi hal tersebut, tim KKN 175 mempunyai misi untuk membuat digital branding pantai bletok melalui media sosial untuk lebih dikenal oleh banyak masyarakat khususnya bagi mereka yang sedang melintas di jalur Pantura. Tim KKN yang berasal dari Universitas Jember ini berfokus pada pengembangan strategi branding digital guna meningkatkan eksposur Pantai Bletok di media sosial. Mereka memanfaatkan platform seperti Instagram, Tik-Tok, dan YouTube untuk memperkenalkan keindahan alam Pantai Bletok, kegiatan-kegiatan wisata, serta UMKM kepada audiens yang lebih luas.

Tim KKN menggandeng paguyuban dermaga wisata indah untuk membantu mensukseskan dan keberlanjutan dari program kerja kami dengan melalui pelatihan penggunaan sosial media dan penambahan lokasi umkm pada google maps. Pengadaan program ini bertujuan untuk meningkatkan skill dari anggota Dermaga Wisata Indah/DWI. Selain untuk peningkatan skill anggota DWI, tujuan lainnya adalah agar program yang ada bersifat berkelanjutan bahkan setelah kelompok KKN sudah melakukan penarikan. Program ini diinisiasi oleh seluruh anggota KKN 175 serta sudah mendapatkan persetujuan dari pihak DWI akan pelatihan dan keikutsertaannya. Pelatihan yang bertajuk "SPESIAL" Peningkatan Eksistensi Pantai Bletok Berbasis Media Sosial disambut antusias oleh seluruh partisipan DWI yang menjadi subjek pelatihan dalam acara tersebut.

Tak hanya promosi, tim KKN juga melakukan pelatihan kepada Dermaga Wisata Indah/DWI mengenai cara mengelola akun media sosial secara mandiri. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi Desa Bletok dalam mempromosikan wisatanya secara berkelanjutan, yang mana untuk promosi dapat dilakukan sendiri oleh anggota DWI menggunakan sosmed resmi dari pantai bletok.

"Program ini tidak hanya tentang meningkatkan jumlah pengunjung, tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk mampu memanfaatkan teknologi dalam mendukung perekonomian lokal," tambah Aji selaku ketua tim KKN.

Keberlanjutan dari pelatihan yang sudah dilakukan  sebelumnya adalah penerapan secara langsung menggunakan platform instagram dan Tik-Tok, dimana dalam hal ini anggota KKN telah menyiapkan akun media sosial resmi pantai bletok yang nantinya bisa dilanjutkan oleh anggota DWI, dalam akun tersebut juga sudah berisi contoh konten yang nantinya bisa digunakan sebagai contoh untuk konten-konten selanjutnya ketika dipegang oleh anggota DWI. Penggunaan instagram dan Tik-Tok ini juga sudah terbukti dapat meningkatkan branding dari pantai bletok itu sendiri. Mengutip dari akun sosmed @pantaibletok.situbondo. Yang mana itu adalah akun resmi pantai bletok. Terbukti dari pembuatan konten yang menarik dan rutin dapat meningkatkan views dari akun tersebut yang terbukti dengan semakin naiknya jumlah penayangan dari hari-kehari, bahkan dari konten terbaru menunjukkan penonton paling tinggi nomer 2 setelah penguploadan video rutin dilakukan sebanyak 5 kali. Peningkatan jumlah penonton atau views merupakan hal baik, karena semakin banyak views berarti semakin banyak yang mengenal pantai bletok.

Tim KKN juga berencana untuk memperluas cakupan promosi dengan menggandeng influencer lokal. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Pantai Bletok dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Situbondo yang dikenal luas oleh wisatawan domestik dan internasional.

Dengan perkembangan positif ini, Pantai Bletok diprediksi akan semakin dikenal sebagai destinasi wisata unggulan di Situbondo, yang tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga internasional. Program KKN ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan pariwisata berbasis digital di daerah-daerah lain di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun